Mengapa Sinyal E lebih hemat Kuota Data Internet ?

Baca Juga

Mengapa Sinyal E lebih hemat Kuota Data Internet ?, Mungkin Pembaca ada yang bertanya-tanya mengapa ketika kondisi jaringan menyampaikan sinyal Edge (E) atau bahkan G (GPRS) membuat kuota data semakin irit dan juga mampu mengurangi asupan daya baterai sehingga HP mampu Hidup lebih lama daripada menggunakan jaringan 3G / HSPA atau bahkan 4G ?, tentunya bagi yang belum tahu jawabannya akan bertanya-tanya, apa bergotong-royong bedanya sinyal E dengan sinyal 3G / H itu.

kualitas sinyal e hemat data internet

Kualitas jaringan EDGE mungkin sudah sangat familiar dengan pengguna Ponsel sebelum maraknya Android menyerupai sekarang ini. Dulu ketika smartphone belum berkembang pesat menyerupai ketika ini, HP dnegan kualitas sinyal E sudah dianggap mumpuni untuk melaksanakan selancar di dunia maya. Hal tersebut alasannya yaitu beberapa HP jadul hanya mempunyai fitur jaringan GPRS, kemudian diatasnya yaitu EDGE dan yang paling tinggi dan jarang ditemui yaitu berkualitas jaringan 3G, itupun ponsel dengan harga yang mahal walau masih bersistem Java atau Symbian.

Saat ini smartphone sudah merajai kancah gadget canggih dan semakin menggeser keberaddaan sistem operasi java serta symbian di dalam pengaturan defaultnya sudah menempatkan support jaringan 3G secara otomatis. Namun adakalanya ketika di suatu daerah tertentu pengguna HP android tidak mendapat cakupan layanan 3G sesuai yang diperlukan dan yang muncul hanyalah tanda signal EDGE, otomatis si pemilik ponsel harus pasrah dengan keadaan yang ada dan memanfaatkan kualitas jaringan E yang lambat menyerupai 'keong' dalam proses upload dan unduh data di internet.

Menjawab pertanyaan diatas, mengapa ketika pengguna ponsel android melaksanakan browsing atau aktifitas internet dengan menggunakan jaringan berkualitas EDGE (E) Terasa kuota datanya hemat dan tidak ccepat tersedot ?, berikut jawabannya :

1. Dengan jaringan kualitas EDGE bergotong-royong tidaklah sempurna jikalau disebut semakin hemat, namun dalam kinerjanya memang hal tersebut dirasakan oleh pengguna itu sendiri bahwa kuota data tidak cepat habis, hal ini dikarenakan proses upload dan unduh data internet yang terjadi di HP android tidak secepat yang ada dalam jangkauan sinyal 3G.

Tentu saja resiko penggunaan jaringan EDGE mampu dirasakan oleh pemilik android dalam membuka aneka macam situs atau aplikasi yang terhubung di internet, akan terasa berat untuk setiap proses membuka halaman, mengunduh file dan aneka macam aktifitas berselancar lainnya.

Hal ini dikarenakan sudah ada limit dari jaringan operator selular untuk membatasi alur bandwidth yang adda di jaringan EDGE. Makara berbanding lurus dengan apa yang didapat bahwa sama saja kesudahannya hanya berbeda waktu pengunduhan dan upload data internet yang terjadi di ponsel, semakin mempunyai kualitas jaringan yang lebih tinggi tentunya akan semakin cepat pula proses data di jalur internet namun juga besar lengan berkuasa pada cepatnya berkurang kuota yang ada.





2. Jaringan EDGE mampu digunakan sebagai alternatif bagi yang suka berhemat akan kuota internet, bahkan bila anda suatu ketika hanya mempunyai sisa sedikit data dan tidak ingin cepat habis tentunya trik memindah jaringan dari 3G ke EDGE mampu dilakukan semoga alur data internet tidak cepat menyedot kuota anda, tapi ya anda harus tabah dengan kecepatan yang anda dapatkan dengan kualitas E tersebut.

3. Dengan jaringan E yang ada, selain menghemat kuota juga mampu membuat ponsel anda terasa cuek serta hemat daya baterai, bahkan bila dengan jaringan 3G menyala terus umpama daya hanya cukup satu hari maka dengan menggunakan kualitas jaringan E mampu hingga 2 hari bahkan lebih.

4. Ada satu lagi yang terlewat, mengapa jaringan E lebih hemat data dikarenakan akan mengubah sketsa perilaku pengguna android, yang tadinya suka membuka Youtube jadi tidak membukannya lagi alasannya yaitu sangat lambat prosesnya, yang tadinya suka unduh aplikasi menjadi mengurungkan niatnya alasannya yaitu dengan sinyal E tentu unduh aplikasi yang ukurannya berpuluh MB mampu membuat jemu menunggu, dan lain sebagainya.

Nah, sudah tahu kan mengapa dengan jaringan sinyal E menimbulkan kuota internet di android sangat hemat ?, semoga ulasan singkat admin diatas bermanfaat.

Sumber http://www.detikinfo.com

0 Response to "Mengapa Sinyal E lebih hemat Kuota Data Internet ?"

Post a Comment