11 Perbedaan Samsung Galaxy C7 dan C9 Pro

Baca Juga

-- Samsung Galaxy C7 dan C9 Pro merupakan smartphone generasi series “C” yang memiliki desain Premium khusus diperuntukkan untuk menyasar kalangan atas. Smartphone series C ini memang telah lama ditunggu-tunggu oleh penggemar Samsung alasannya yaitu menunjukkan desain yang lebih ibarat iPhone ketimbang smartphone series yang diagarap Samsung sebelumnya.


Perbedaan Samsung Galaxy C7 dan C9 Pro

Banyak yang mengatakan bahwa perbandingan Samsung Galaxy C7 dan Galaxy C9 Pro tidak berbeda jauh. Beberapa orang bahkan mengklaim hanya ukuran layar saja yang membedakan kedua smartphone tersebut sehingga menjadikan harga kedua device itu juga berbeda. 

Adanya banyak sekali pendapat memicu kemunculan pro dan kontra antara perbedaan Samsung Galaxy C7 dan C9 Pro membuat penasaran banyak orang khususnya konsumen penggemar setia Samsung yang ingin mengetahui rincian terang mengenai perbedaan dari kedua smartphone tersebut.

Seperti apakah perbandingan antara HP Samsung Galaxy C7 dan Samsung Galaxy C9 Pro? Berikut ini mengulas perbedaannya sehingga mempermudah Sobat untuk menentukan pilihan. 

1. Lebar Layar Perangkat
Samsung Galaxy C9 Pro menggunakan layar Super AMOLED capasitive dengan layar lebar 6.0 inchi sehingga membuat pengguna sangat puas menatap layar lebar ini. Sementara Samsung Galaxy C7 juga memakai jenis layar yang sama namun ukuran layarnya lebih mungil yakni 5.7 inchi.

2. Resolusi Layar
Samsung Galaxy C9 menggunakan resolusi 1080 x 1920 pixels ( ,367 ppi pixel density) yang membuat kecerahan dan kerapatan pixel pada layar yang bagus. Sementara Samsung Galaxy C7 menggunakan resolusi yang sama namun kerapatan pixel yang lebih tinggi lagi yakni ,386 ppi pixel density.

3. Sektor Kamera
Samsung Galaxy C7 dan Samsung Galaxy C9 Pro membawa kamera belakang berlensa 16 mega pixel dengan pinjaman f/1.9, autofocus, dual-LED (dual tone) flash, dan ditambah fitur yang melimpah ibarat Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR serta kemampuan merekam video HD 1080p@30fps. Saat digunakan untuk melaksanakan foto dan merekam video, balasannya rupawan dengan pencahayaan yang natural. 

Sedangkan untuk aktifitas selfie, Samsung Galaxy C7 memakai kamera depan berlensa 8 mega pixel dengan pinjaman f/1.9, 24mm dan kemampuan merekam video HD 1080p@30fps, sehingga sangat nyaman digunakan untuk selfie.

Sementara Samsung Galaxy C9 Pro dibenamkan kamera depan dengan lensa yang lebih besar lagi yakni 16 mega pixel dengan pinjaman f/1.9, 24mm dan kemampuan merekam video HD 1080p@30fps, sehingga sangat puas digunakan untuk selfie. 

4. Kapasitas RAM
Perbedaan antara Samsung Galaxy C7 dan Galaxy C9 Pro berikutnya dapat dilihat dari kapasitas RAM. Samsung Galaxy C7 menggunakan RAM sebesar 4 GB yang membuat pengguna leluasa menjalankan banyak sekali aktifitas ibarat multitasking.

Sedangkan RAM pada Samsung Galaxy C9 Pro lebih diperluas lagi menjadi 6 GB sehingga Sobat tidak perlu khawatir lagi alasannya yaitu RAM sebesar itu tidak akan ada problem yang akan dihadapi ketika menjalankan aplikasi maupun game berat. 

Hati-hati, biasanya produk Samsung palsu selalu menggunakan RAM yang lebih kecil dari ukuran aslinya. Kemungkinan Samsung Galaxy C7 palsu memakai RAM 2 - 3 GB dan Galaxy C9 palsu memmaki RAM 2 - 5 GB. Hal itu dilakukan pelaku untuk semoga bisa memangkas harga sehingga bisa dijual murah.

5. Kapasitas Internal Memori
Mengamati kapasitas memori internal juga merupakan salah satu cara mengetahui perbedaan Samsung Galaxy C7 dan Galaxy C9 Pro. Internal pada Samsung Galaxy C7 terdapat dua versi yakni 32/64 GB yang masih dapat diperluas dengan memori eksternal sampai 256 GB.

Sedangkan Samsung Galaxy C9 Pro memakai internal berukuran 64/128 GB. Memori sebesar itu tentu cukup untuk menyimpan banyak sekali file favorit pengguna perangkat ini. Jika masih dirasa kurang, Sobat bisa menggunakan microSD sampai 256 GB.

6. Kualitas Hardware
Meskipun Samsung Galaxy C7 dan C9 Pro sama-sama menggunakan Android v6.0.1 (Marshmallow) namun membawa hardware ibarat Chipset, CPU, dan GPU yang berbeda. Fungsi Chipset yaitu untuk mengatur kecepatan pemikiran data, dan fungsi CPU untuk mengatur kecepatan pemprosesan data.

Sementara GPU berfungsi untuk menjalankan grafis dan aplikasi berat lainnya. Perbedaan hardware pada Samsung Galaxy C7 dan Galaxy C9 Pro dapat dilihat sbb:

Samsung Galaxy C7
  • Chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625
  • CPU Octa-core 2 GHz Cortex-A53
  • GPU Adreno 506

Samsung Galaxy C9 Pro
  • Chipset Qualcomm MSM8976 Snapdragon 653
  • CPU Octa-core (4x1.95 GHz Cortex-A72 & 4x1.4 GHz Cortex-A53)
  • GPU Adreno 510

Samsung galaxy C9 Pro lebih unggul dalam GPU dan Chipset sedangkan Samsung Galaxy C7 unggul pada hardware CPU. Apabila hardware di atas tidak sama dengan device yang ditawarkan pada Sobat, sebaiknya Sobat pertimbangkan terlebih dulu sebelum membeli.

7. Sektor Konektivitas
Untuk melaksanakan transfer file dengan cepat, Samsung Galaxy C7 dan C9 Pro menggunakan koneksi Bluetooth v4.2 didukung A2DP, EDR, LE. Sedangkan untuk mentransfer foto dengan cepat perangkat ini dibekali NFC.

Samsung Galaxy C7 dan Galaxy C9 Pro juga support banyak sekali jaringan dari 2G, EDGE, 3G, HSDPA dan 4G LTE. Kedua smartphone ini juga didukung GPS dan WIFI yang bisa digunakan sebagai Hotspot. Bedanya kecepatan jaringan LTE pada Samsung Galaxy C9 Pro sudah cats 6 sementara C7 masih cats 4.

8. Kelengkapan Sensor
Samsung Galaxy C7 dan C9 Pro di support dengan sensor yang cukup lengkap yakni Fingerprint, accelerometer, proximity, compass. Sensor yang terbaru yaitu sensor Fingerprint, dimana Sobat bisa mengamankan perangkan sidik jari. Mungkin bedanya ketika menggunakan fitur Fingerprint akan lebih sulit pada C9 Pro alasannya yaitu layarnya lebih luas yakni 6.0 inchi.

9. Kapsitas Baterai
Samsung Galaxy C7 yang memakai layar 5.7 inchi mengusung daya baterai Li-Ion 3300 mAh yang tidak bisa dilepas. Sedangkan Samsung Galaxy C9 Pro yang menggunakan layar 6.0 inchi dibenamkan baterai lebih besar 4000 mAh namun juga tidak bisa dilepas. Untuk mengisi daya baterai, kedua smartphone di atas dilengkapi dengan teknologi Fast battery charging sehingga mempercepat proses pengisian daya.

10. Berat Smartphone
Samsung Galaxy C7 yang memiliki layar da kapasitas baterai lebih kecil memiliki bobot 169 gram. Sementara Samsung Galaxy C9 Pro yang membawa layar lebih luas dan baterai lebih besar memiliki bobot lebih berat 189 gram sehingga pantas untuk dijadikan pertimbangan.

11. Pilihan Warna
Samsung Galaxy C7 memiliki pilihan warna casing Gold, Pink Gold, dan Dark Gray. Sementara Samsung Galaxy C9 Pro terdiri dari pilihan warna Gold dan Pink Gold saja.

Kesimpulan
Berdasarkan data di atas, perbedaan Samsung Galaxy C7 dan C9 Pro memang lebih banyak unggul pada C9 Pro, namun problem pilihan tetap bersifat subjektif sesuai dengan kebutuhan dan budget yang Sobat miliki.



Apabila Sobat memiliki bukti gambar fisik perbedaan Samsung Galaxy C7 dan C9 Pro mohon untuk memberitahukan sehingga bisa melengkapi referensi. Oh iya, mengenai keakuratan data spesifikasi Samsung C7 dan C9 Pro  di atas silahkan cek secara terencana di website lainnya alasannya yaitu bisa mengalami perubahan (update). 

Itulah 11 Perbedaan Samsung Galaxy C7 dan C9 Pro yang bisa Sobat jadikan rujukan sehingga tidak menyesal ketika sudah membeli HP ini. Sobat juga bisa share ke teman-teman Sobat semoga mereka juga mengetahui perbandingan Samsung Galaxy C7 dan C9 Pro ini dengan baik.

0 Response to "11 Perbedaan Samsung Galaxy C7 dan C9 Pro"

Post a Comment