13 Cara Membedakan Samsung C9 Pro Asli dan Palsu

Baca Juga

Samsung Galaxy C9 Pro merupakan smartphone generasi series ”C” yang diproduksi untuk menyasar kalangan menengah ke atas dengan desain premium layaknya Samsung series “S”. Generasi medium yakni C5 dari smartphone ini memang sukses menyasar konsumen di beberapa negara. Kesuksesan ponsel cendekia ini ditakutkan akan memicu kemunculan smartphone palsu yang ibarat HP Samsung Galaxy C9 Pro.

Cara Membedakan Samsung C9 Pro Asli dan Palsu

Kehadiran produk Samsung Galaxy C9 Pro palsu sangat memungkinkan di Indonesia mengingat pelaku kejahatan membuat produk replika berdasarkan popularitas suatu device. Sebagai konsumen yang cerdas kita perlu mengetahui perbedaan antara Samsung Galaxy C9 Pro asli atau palsu demi keamanan sebelum membeli.

Berikut ini akan bagikan cara cek Samsung Galaxy C9 Pro asli atau palsu sehingga anda terhindar dari kasus penipuan:

1. Resolusi Layar
Samsung Galaxy C9 Pro yang memiliki layar 6.0 inchi menggunakan resolusi 1080 x 1920 pixels ( ,367 ppi pixel density) yang membuat kecerahan dan kerapatan pixel pada layar yang sangat bagus. Pada smartphone C9 Pro palsu tingkat kecerahan berkurang sehingga kualitas layar tentu akan lebih buram.

2. Kamera Primer
Ciri Samsung Galaxy C9 Pro asli membawa kamera belakang berlensa 16 mega pixel dilengkapi dengan f/1.9, autofocus, dual-LED (dual tone) flash, dan ditambah fitur yang melimpah mirip Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR serta kemampuan merekam video HD 1080p@30fps. Saat digunakan untuk melaksanakan foto dan merekam video, balasannya mengagumkan dengan pencahayaan yang natural.

Sementara ciri Samsung Galaxy C9 Pro palsu akan menunjukkan hasil tangkapan kamera yang kurang terang ketika digunakan melaksanakan capture maupun merekam video. Untuk lebih meyakinkan, silahkan anda lihat hasil tangkapan kamera pada Samsung Galaxy C9 Pro ori di Youtube.

3. Kamera Sekunder
Untuk aktifitas selfie, Samsung Galaxy C9 Pro original dibenamkan kamera berlensa 16 mega pixel dengan derma f/1.9, 24mm dan kemampuan merekam video HD 1080p@30fps, sehingga sangat puas digunakan untuk selfie.

Perbedaan pada Samsung Galaxy C9 Pro palsu yakni tidak memiliki fitur selengkap kamera C9 Pro asli. Tujuan pelaku melaksanakan hal itu yakni untuk mengurangi biaya produksi, sehingga produk tiruan yang mereka buat bisa bersaing dengan produk asli dari segi harga.

4. Kapasitas RAM
Perbandingan antara Samsung Galaxy C9 Pro asli dan palsu berikutnya dapat dilihat dari kapasitas RAM. Samsung Galaxy C9 Pro asli menggunakan RAM sebesar 6 GB. Biasanya bila produk-produk palsu selalu menggunakan RAM yang lebih kecil dari ukuran aslinya.

Kemungkinan Samsung Galaxy C9 Pro palsu memakai RAM 1 GB dan yang paling tinggi biasanya 4 GB saja. Pelaku tentu tidak mau rugi bila hardware disamakan dengan aslinya.

5. Kapasitas Internal Memori
Mengamati kapasitas memori internal juga merupakan salah satu cara membedakan Samsung Galaxy C9 Pro asli dan palsu. Ciri Samsung Galaxy C9 Pro asli memakai internal berukuran 64 GB. Memori sebesar itu tentu cukup untuk menyimpan banyak sekali file favorit pengguna perangkat ini.

Agar smartphone palsu dapat jual dengan harga murah. Pelaku akan memangkas kapasitas memori internal pada Samsung C9 Pro palsu miliknya. Kemungkinan smartphone tiruan Samsung C9 Pro menggunakan memori internal 16 GB.

6. Versi OS Android
Samsung Galaxy C9 Pro asli menggunakan Android v6.0.1 (Marshmallow) yang bisa anda update ke Android v7.0 (Nougat). Biasanya, produk Samsung Galaxy C9 Pro palsu memakai versi Android yang lebih dulu meluncur mirip Lolipop atau Kitkat.

7. Kualitas Hardware
Fungsi Chipset pada Samsung Galaxy C9 Pro yakni untuk mengatur kecepatan anutan data, dan fungsi CPU untuk mengatur kecepatan pemprosesan data, sedangkan GPU pada Samsung C9 Pro berfungsi untuk menjalankan grafis dan aplikasi berat lainnya.

Nah… Samsung Galaxy C9 Pro asli memakai hardware sbb:

  • Chipset Qualcomm MSM8976 Snapdragon 653
  • CPU Octa-core (4x1.95 GHz Cortex-A72 & 4x1.4 GHz Cortex-A53)
  • GPU Adreno 510
Apabila hardware di atas tidak sama dengan Samsung Galaxy C9 Pro yang ditawarkan pada anda, sebaiknya anda pertimbangkan terlebih dulu sebelum membeli.

8. Fitur Jaringan
Samsung Galaxy C9 Pro asli support banyak sekali jaringan dari 2G, EDGE, 3G, HSDPA dan 4G LTE dengan kecepatan Cats 6. Smartphone ini juga didukung GPS dan WIFI yang bisa digunakan sebagai Hotspot. Biasanya, Samsung Galaxy C9 Pro KW paling banter hanya memakai jaringan 3G saja dan memangkas beberapa eksistensi fitur lain.

9. Keberadaan Radio
Samsung Galaxy C9 Pro asli memiliki pemutar radio khas bawaan Samsung yang membedakan dengan pemutar radio pada vendor lainnya. Pada Samsung Galaxy C9 Pro kloning akan sangat malas untuk menyematkan fitur pemutar radio yang jarang digunakan pada zaman ketika ini.

10. Konektivitas
Untuk melaksanakan transfer file dengan cepat, Samsung Galaxy C9 Pro asli menggunakan koneksi Bluetooth v4.2 didukung A2DP, EDR, LE. Sedangkan untuk mentransfer foto dengan cepat perangkat ini dibekali NFC.

Fitur gres USB Type-C 1.0 reversible connector juga disematkan pada Samsung Note original. Nah… ciri Samsung Galaxy C9 Pro palsu biasanya tidak adanya fitur NFC, versi Bluetooth yang lebih rendah, dan biasanya memakai USB v2.0 bukan tipe-C.

11. Kelengkapan Sensor
Samsung Galaxy C9 Pro di support dengan sensor yang cukup lengkap yakni fingerprint, accelerometer, proximity, dan compass. Saat ini, sensor Fingerprint pada sedang naik daun alasannya yakni merupakan teknologi password dengan sidik jari yang masih jarang digunakan pada perangkat lain. Series Samsung Galaxy C9 Pro palsu paling hanya mendukung beberapa sensor dari banyak sensor di atas.

12. Fitur Charging
Untuk mengisi daya, baterai sebesar 4000 mAh sudah disematkan pada perangkat Samsung C9 Pro ini. HP cerdas ini juga dilengkapi dengan teknologi Fast battery charging sehingga mempercepat proses pengisian daya.

Selain itu fitur wireless charging juga tidak lupa disematkan pada series C generasi ke sembilan ini. Samsung C9 Pro palsu tentu akan sangat malas untuk menunjukkan produk mereka fitur mirip di atas.

13. Cek IMEI
Cara paling ampuh cek Samsung Galaxy C9 Pro asli yakni dengan mengetahui IMEI.  Cara cek instruksi IMEI Samsung Galaxy C9 Pro cukup dengan menekan tombol *#06# maka akan muncul instruksi unik yang hanya dimiliki oleh Samsung Galaxy C9 Pro anda.

Kemudian cocokkan dengan IMEI di box kardus pembelian dan cocokkan juga di website resmi Samsung.  Apabila instruksi IMEI Samsung Galaxy C9 Pro anda tidak terdaftar disana, maka sudah pasti itu bukan barang asli.

Kesimpulan
Sebagai konsumen yang cerdas, berhati-hatilah dalam memilih HP cerdas untuk memenuhi kebutuhan anda. Jangan mudah tergiur dengan perhiasan “Harga Murah”. Cek terlebih dulu spesifikasi dan harga Samsung Galaxy C9 Pro terbaru secara terencana sebelum membeli.


Apabila anda memiliki bukti gambar perbedaan secara fisik antara Samsung Galaxy C9 Pro asli dan palsu mohon untuk memberitahukan penulis sehingga postingan ini bisa ditambah untuk melengkapi referensi.

Jangan lupa anda beritahu juga kepada rekan-rekan perihal bagaimana cara membedakan Samsung C9 Pro Asli dan Palsu sehingga mereka bisa cek eksklusif keaslian HP Samsung Galaxy C9 Pro dan terhindar dari kasus penipuan.

0 Response to "13 Cara Membedakan Samsung C9 Pro Asli dan Palsu"

Post a Comment