14 Cara Membedakan Samsung Z2 Asli dan Palsu

Baca Juga

Samsung Galaxy Z2 merupakan smartphone series “Z” yang dibesut untuk menyasar kalangan menengah ke bawah. Smartphone terbaru ini menggunakan OS Tizen milik Samsung yang telah dicustomisasi mirip dengan antarmuka OS Android di Samsung.

Smartphone mungil 4.0 inchi ini dibadrol dengan harga yang sangat terjangkau di Indonesia. Saat pertama kali launching dijual hanya Rp. 899.999 saja. Hal ini dilakukan Samsung untuk memikat konsumen semoga mau membeli smartphone Tizen dan mencoba sensasi gres dari OS tersebut.


Cara Membedakan Samsung Z2 Asli dan Palsu

Kesuksesan ponsel terpelajar mungil ini ditakutkan akan memicu kemunculan smartphone palsu yang ibarat Samsung Galaxy Z2. Kehadiran produk Samsung Galaxy Z2 palsu sangat memungkinkan di Indonesia mengingat pelaku kejahatan membuat produk replika berdasarkan popularitas suatu device.

Sebagai konsumen yang cerdas kita perlu mengetahui perbedaan antara Samsung Galaxy Z2 asli atau palsu demi keamanan sebelum membeli. Berikut ini akan bagikan cara cek Samsung Galaxy Z2 asli atau palsu sehingga sobat terhindar dari kasus penipuan:


1. Resolusi Layar
Samsung Galaxy Z2 yang memiliki layar 4.0 inchi menggunakan resolusi 480 x 800 pixels ( ,233 ppi pixel density) yang membuat kecerahan dan kerapatan pixel pada layar yang cukup bagus. Pada Samsung Galaxy Z2 palsu tingkat kecerahan berkurang sehingga kualitas layar tentu akan lebih buram.

2. Kamera Primer
Ciri Samsung Galaxy Z2 asli membawa kamera belakang berlensa 5 mega pixel dilengkapi dengan fitur f/2.2 dan LED flash serta kemampuan merekam video 720p@30fps. Saat digunakan untuk melaksanakan foto dan merekam video, risikonya cukup mengagumkan dikala pencahayaan yang natural.

Sementara ciri Samsung Galaxy Z2 palsu akan menyampaikan hasil tangkapan kamera yang kurang terperinci ketika digunakan melaksanakan capture maupun merekam video. Untuk lebih meyakinkan, silahkan sobat lihat hasil tangkapan kamera pada Samsung Galaxy Z2 ori di Youtube.


3. Kamera Sekunder
Untuk aktifitas selfie, Samsung Galaxy Z2 original dibenamkan kamera berlensa VGA dengan sumbangan f/2.4. Perbedaan pada Samsung Galaxy Z2 palsu ialah tidak memiliki fitur mirip kamera VGA asli. Tujuan pelaku melaksanakan hal itu ialah untuk mengurangi biaya produksi, sehingga produk tiruan yang mereka buat bisa bersaing dengan produk asli dari segi harga.

4. Sektor Memori
Perbandingan antara Samsung Galaxy Z2 asli dan palsu berikutnya dapat dilihat dari kapasitas RAM. Samsung Galaxy Z2 asli menggunakan RAM 1 GB. Biasanya produk palsu menggunakan RAM yang lebih kecil dari ukuran aslinya. Kemungkinan Samsung Galaxy Z2 palsu memakai RAM 512 MB. Pelaku tentu tidak mau rugi bila hardware disamakan dengan aslinya.

5. Versi OS Tizen
Samsung Galaxy Z2 asli menggunakan Tizen v2.4 yang bisa sobat update ke Tizen V3.0. Biasanya, produk Samsung Galaxy Z2 palsu memakai versi Tizen yang lebih dulu meluncur mirip Tizen v1.0 serta tidak tersedia untuk update OS terbaru.

6. Kualitas Hardware
Fungsi Chipset pada Samsung Galaxy Z2 ialah untuk mengatur kecepatan anutan data, dan fungsi CPU untuk mengatur kecepatan pemprosesan data, sedangkan GPU pada Samsung Galaxy Z2 berfungsi untuk menjalankan grafis dan aplikasi berat lainnya.

Samsung Galaxy Z2 asli memakai hardware sbb:

  • Chipset: Spreadtrum SC9830
  • CPU: Quad-core 1.5 GHz Cortex-A7
  • GPU: Mali-400MP2

Apabila hardware di atas tidak sama dengan Samsung Galaxy Z2 yang ditawarkan pada sobat, sebaiknya sobat pertimbangkan terlebih dulu sebelum membeli.


7. Fitur Jaringan
Samsung Galaxy Z2 asli support banyak sekali jaringan dari 2G, EDGE, 3G, HSDPA dan 4G LTE dengan kecepatan LTE Cat4 150/50 Mbps. Smartphone ini juga didukung GPS dan WIFI yang bisa digunakan sebagai Hotspot. Ciri Samsung Galaxy Z2 KW paling banter hanya memakai jaringan 3G saja dan memangkas beberapa eksistensi fitur lain.

8. Bluetooth Terbaru
Untuk melaksanakan transfer file dengan cepat, Samsung Galaxy Z2 asli menggunakan koneksi Bluetooth v4.0 didukung A2DP. Ciri Samsung Galaxy Z2 palsu biasanya versi Bluetooth yang lebih rendah.

9. Berat Smartphone
Meniru berat sebuah perangkat mirip smartphone akan membuat pelaku sangat kesulitan. Samsung Galaxy Z2 asli memiliki berat 127 gram, bila phablet dengan merek yang sama ditawarkan kepada sobat namun beratnya tidak sama sebaiknya sobat hati-hati.

10. Cek IMEI
Cara paling ampuh cek keaslian Samsung Galaxy Z2 asli ialah dengan mengetahui IMEI.  Cara cek instruksi IMEI Samsung Galaxy Z2 cukup dengan menekan tombol *#06# maka akan muncul instruksi unik yang hanya dimiliki oleh Samsung Galaxy Z2 sobat.

Kemudian cocokkan dengan IMEI di box kardus pembelian dan cocokkan juga di website resmi Samsung.  Apabila instruksi IMEI Samsung Galaxy Z2 sobat tidak terdaftar disana, maka sudah pasti itu bukan barang asli.


Kesimpulan
Sebagai konsumen yang cerdas, berhati-hatilah dalam memilih smartphone untuk memenuhi kebutuhan sobat. Jangan mudah tergiur dengan aksesori “Harga Murah”. Cek terlebih dulu spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Z2 terbaru secara terencana sebelum membeli.
 

Apabila sobat memiliki bukti gambar perbedaan secara fisik antara Samsung Galaxy Z2 asli dan palsu mohon untuk memberitahukan penulis sehingga postingan ini bisa ditambah untuk melengkapi referensi.

Jangan lupa sobat beritahu juga kepada teman/ saudara sobat wacana 10 Cara Membedakan Samsung Z2 Asli dan Palsu sehingga mereka bisa cek pribadi keaslian Phablet Samsung Galaxy Z2 dan terhindar dari kasus penipuan.

0 Response to "14 Cara Membedakan Samsung Z2 Asli dan Palsu"

Post a Comment