Apa arti Kernel di Android dan Apa fungsinya?

Baca Juga

Apa itu Kernel di Android dan Apa fungsi kernel sebenarnya?, Seringkali pengguna Android mendengar perihal Kernel, lalu apa arti kernel dan bagaimana bahu-membahu fungsinya untuk sistem android itu sendiri? Untuk mengetahui perihal kernel silahkan simak pembahasannya di bawah ini.

fungsi dan arti kernel di android

Istilah kernel dalam metodologi Komputer sudah dari dulu ada, dimana dalam artian sederhana, Kernel yakni suatu kegiatan atau baris kode yang memfungsikan dirinya mengatur segala undangan Input dan Output dari perangkat Lunak yang nantinya diterjemahkan ke dalam isyarat khusus oleh CPU. Dalam dunia Komputer, Kernel merupakan basic atau dasar dari Operating Syetem yang nanti dijalankan.

Arti Kernel dan Fungsinya di Android


Kegunaan kernel menjadi sangat penting adanya alasannya yakni juga berfungsi sebagai jembatan penerjemah antara bahasa kegiatan dengan bahasa mesin atau hardware. Suatu contoh, dalam mengakses perangkat keras (hardware) ada lebih dari beberpa perintah kegiatan yang harus diatasi oleh kernel untuk mampu diterjemahkan oleh perangkat keras, dimana tugasnya menyerupai mengatur kapan dan berapa lama suatu aplikasi atau kegiatan dapat menggunakan saluran hardware, Hal tersebut biasa dinamakan sebagai Multiplexing.

Masih galau dengan kernel? damai saja, admin akan menunjukkan alur referensi bagaimana sebuah kernel bekerja di sistem android, apa yang dilakukan dan bagaimana hasil dari kerja kernel tersebut di smartphone, simak terus sambil kalem tentunya semoga gak pusing..hehe

Contoh sederhana bagaimana kinerja kernel di smartphone, ketika anda menyentuh layar dan melaksanakan klik terhadap tombol play di aplikasi audio player, maka peran kernel yakni menerjemahkan klik yang anda lakukan dilayar, kernel akan mendeteksi dimana koordinat titik di layar, menerjemahkan kode kegiatan dari aplikasi yaitu tombol dan activiti-nya ketika tombol ditekan dan nantinya menerjemahkan perintah ke dalam hardware untuk mencari driver audio, letak file lagu yang akan dimainkan dan lain sebagainya yang nantinya bila berhasil dilakukan akan diterjemahkan dalam bentuk visual dan bunyi yang mampu dinikmati oleh pengguna android ketike memainkan music player.





Begitu rumitnya proses Kernel dalam menerjemahkan setiap perintah dari pengguna dalam interaksinya dengan aplikasi dan hardware akan sulit sekali dilakukan tanpa perlindungan sietem API, yang mana setiap pengembang kegiatan tidak perlu menulis kode ulang untuk mengirim, mendapatkan setiap peristiwa yang berkaitan dengan peran hardware.

Bagaimana, sudha mulai faham dengan fungsi kernel?, jika masih galau akan admin berikan alur referensi yang lebih sederhana lagi. Ketika anda memencet tombol power untuk menyalakan layar ponsel disinilah ada peran kernel untuk menerjemahkan agresi yang anda lakukan, dimana ada kode kegiatan yang memerintah hardware untuk menyalakan layar ponsel, itu referensi sederhana kerja kernel.

Lalu lebih jauh lagi, ada beberapa versi kernel yang terus berkembang mengikuti versi Sistem android yang juga semakin bakir dan canggih, dimana kebutuhan akan konektifitas android dengan perangkat lain menyerupai flashdisk, mouse, keyboard eksternal dan lainnya semakin kompleks maka dibutuhkan penerjemah hardware ke dalam sistem android, yang mana lagi-lagi kernel dengan versi lebih tinggi dan kompleks yang mampu melakukannya

Suatu contoh, ada ponsel android yang support koneksi OTG (OnTheGo) dan jyga tidak, yang mana perangkat posnel bakir yang mensupport OTG mampu mendeteksi hardware eksternal menyerupai flashdisk, Keyboard eksternal USB, Mouse Pad dan lain sebagainya, namun di sisi lain masih banyak ponsel android yang tidak support OTG, hal itu dikarenakan versi kernel yang berbeda.

Dengan menggunakan versi kernel lebih tinggi, maka diharapkan semua perangkat eksternal mampu terdeteksi. Kernel mampu dianalogikan juga sebagai driver antara hardware internal ponsel dengan perangkat eksternal, semakin indah dan tinggi versi kernel tentunya semakin banyak perangkat yang dapat dikenali dan mampu dijalankan, tentunya juga harus disertai sistem yang juga mampu menjalankan perintah kernel tersebut.

Kesimpulannya, kernel di sistem android yang dikala ini berjalan dan berbasis Linux sudah semakin canggih menerjemahkan banyak sekali perintah software dengan hardware. Suatu sistem android berapapun versinya bila tidak disertai dengan versi kernel yang juga tinggi juga akan percuma.

cara lihat kernel version di ponsel android

Untuk anda yang ingin mengecek berapa versi kernel di smartphone miliknya, silahkan masuk ke setting atau pengaturan ponsel, kemudian di bawah sendiri masuk ke menu 'about' atau 'tentang', nah disitulah ada versi kernel yang mampu anda lihat.

Semoga info mengenai arti dan fungsi kernel di sistem android diatas bermanfaat untuk pembaca semua, terima kasih.

Sumber http://www.detikinfo.com

0 Response to "Apa arti Kernel di Android dan Apa fungsinya?"

Post a Comment