Bagus Mana, HP Baterai Removable atau Non-removable?

Baca Juga

Saat ini banyak dari banyak sekali vendor memperlihatkan smartphone dengan spesifikasi yang mempuni dengan banyak sekali keunggulan yang menggiurkan. Ada yang membuat HP cendekia dengan balutan full metal tetapi memiliki baterai yang tidak mampu dilepas. Sementara dissatu sisi ada vendor yang membuat ponsel cerdas dengan materi plastik namun baterai masih mampu dilepas.


Smartphone yang memimiliki baterai tidak dapat dilepas disebut dengan type baterai removable. Sedangkan HP dengan baterai tidak dapat dilepas disebut type baterai non-removable. Arti kata removable maksudnya baterai HP tersebut dapat dilepas dan diganti dengan baterai yang gres tanpa memerlukan keahlian atau alat khusus.

Untuk mengetahui lebih lanjut dari perbedaan, kelebihan, dan kekurangan antara type baterai removable dan type baterai non-removable berikut ini Bedahp menyampaikan tips semoga mampu membantu sahabat sebelum memilih ponsel cerdas yang sesuai dengan kebutuhan.


Sisi Body dan Desain
Kebanyakan HP cendekia yang menggunakan baterai non-removable memiliki desain lebih tipis serta kokoh. Bagi yang mengedepankan duduk perkara desain smartphone dengan type baterai non-removable ialah pilihan yang tepat.

Bobot Perangkat
Namun kekurangan dari smartphone dengan type baterai non-removable ialah bobot perangkat yang juga bertambah dikarenakan kebanyakan dari HP yang memiliki baterai tidak mampu dilepas ini menggunakan materi full metal. Berbeda dengan HP baterai removable yang kebanyakan menggunakan materi plastik sehingga lebih ringan.

Suhu Smartphone
Kekurangan lainnya dari smartphone dengan type baterai non-removable yakni HP cepat panas dikarenakan kedap udara sehingga sangat sulit membuat sirkulasi keluar-masuknya oksigen sementara perangkat tetap terus bekerja tanpa henti. Berbeda dengan HP baterai removable, bila sahabat sedang mendownload file yang berukuran besar, sahabat mampu melepas cover belakang smartphone sehingga udara bebas akan selalu mendinginkan baterai HP sobat.

Cepat kembung
Ada yang berpendapat kalau baterai non-removable itu memiliki umur pendek atau lebih mudah kembung. Alasannya sebab baterai jenis ini kedap udara dan cepat panas dikala digunakan. Namun kalau menurut saya sih itu tergantung penggunaaannya sobat, kalau digunakan hanya untuk memotret dan media social saja baterai tentu memiliki umur yang panjang.

Mengganti Baterai
Perangkat yang mengguakan baterai removable akan sangat mudah diganti dengan membuka cover belakang. Sementara bila sahabat memiliki HP dengan jenis baterai non-removable, sahabat harus memiliki keahlian khusus atau alat khusus untuk membongkar device tersebut. Nahh.. disinilah hal yang paling tidak disukai banyak orang sebab “Merepotkan”.

Sering Overheat
Smartphone baterai non-removable menurut beberapa orang rentan terkena hang. Ketika berada dalam kondisi hang, HP tersebut tidak mampu digunakan, bahkan sulit untuk mematikannya. Namun bila sahabat menggunakan perangkat dengan baterai removable, dikala hang cukup lepas cover belakang saja dan cabut baterainya. Nahh.. inilah salah satu kelebihan baterai removable yang banyak disukai orang.

Saat Terkena Air
Jika HP sahabat secara tidak sengaja jatuh kedalam air, maka solusi yang paling sempurna ialah dengan “mempreteli” semua komponen yang mudah dilepas ibarat baterai, kartu SIM, Micro-SD, dll kemudian mengeringkan HP menggunakan kipas. Hal ini tidak mampu dilakukan bila HP sahabat menggunakan baterai yang tidak mampu dilepas. Resikonya, bila perangkat yang sahabat miliki tidak tahan air ibarat Samsung Galaxy Note 7, maka kemungkinan besar smartphone sahabat akan rusak.

Tingkat Keamanan
Smartphone dengan baterai removable dikala jatuh ketangan si pencuri akan sangat sulit dideteksi sebab pelaku mampu pribadi mematikan HP tersebut dengan mencabut baterainya. Berbeda dengan perangkat yang memakai baterai non-removable yang baterai tidak mampu dilepas sehingga pencuri hanya mampu mematikan perangkat, namun dikala dihidupkan kembali anda masih mampu melacak keberadaannya.

Apalagi bila HP sahabat Android yang sudah di root, sahabat mampu menggunakan modul Advanced Power Menu di Xposed Installer untuk menghilangkan opsi Power Off dan Airplane Mode yang disediakan oleh tombol Power di perangkat. Sobat juga mampu mencoba 30 Aplikasi Android Penting Setelah di Root.

Karena alasan kemanan inilah smartphone premium ibarat iPhone, Samsung, Sony, dll membuat device mereka menjadi unibody dengan menyematkan baterai bertype non-removable sehingga baterai tidak mudah dilepas dikala dicuri.


Harga Jual Kembali
HP dengan baterai removable memiliki nilai jual kembali yang lebih tinggi, serta lebih cepat diminati oleh konsumen sebab baterainya mampu diganti dengan yang baru. Sementara HP yang baterai non-removable akan sulit dalam proses penggantian baterainya sehingga harga jualnya menurun dan sulit dijual kembali.

Ayo rupawan mana antara baterai removable dan non removable menurut sobat? Silahkan pertimbangkan dahulu sebelum memutuskan untuk membeli HP dengan kedua jenis baterai tersebut.

0 Response to "Bagus Mana, HP Baterai Removable atau Non-removable?"

Post a Comment