14 Cara Membedakan Xiaomi Mi Note 2 Asli dan Palsu

Baca Juga

Xiaomi Mi Note 2 merupakan phablet generasi series ”NOTE” dari Xiaomi yang diproduksi untuk menyasar kalangan hight-end dengan desain premium layaknya Xiaomi Mi 5. Generasi sebelumnya yakni Mi Note 1 dari phablet ini memang cukup sukses menyasar konsumen di beberapa negara.

Cara Membedakan Xiaomi Mi Note 2 Asli dan Palsu

Kesuksesan phablet cendekia ini ditakutkan akan memicu kemunculan phablet palsu yang ibarat PHABLET Xiaomi Mi Note 2. Kehadiran produk Xiaomi Mi Note 2 palsu sangat memungkinkan di Indonesia mengingat pelaku kejahatan membuat produk replika berdasarkan popularitas suatu device.

Sebagai konsumen yang cerdas kita perlu mengetahui perbedaan antara Xiaomi Mi Note 2 asli atau palsu demi keamanan sebelum membeli. Berikut ini Bedaphablet.com akan bagikan cara cek Xiaomi Mi Note 2 asli atau palsu sehingga anda terhindar dari kasus penipuan:

1. Resolusi Layar
Xiaomi Mi Note 2 yang memiliki layar 5.7 inchi menggunakan resolusi 1080 x 1920 pixels ( ,386 ppi pixel density) yang membuat kecerahan dan kerapatan pixel pada layar yang sangat bagus. Pada phablet Mi Note 2 palsu tingkat kecerahan berkurang sehingga kualitas layar tentu akan lebih buram.

2. Kamera Primer
Ciri Xiaomi Mi Note 2 asli membawa kamera belakang berlensa 22.5 mega pixel dilengkapi dengan fitur yang sangat melimpah seperti:

  • f/2.0, EIS (gyro)
  • phase detection autofocus
  • dual-LED (dual tone) flash
  • 1/2.6" sensor size,
  • 1 µm pixel size
  • geo-tagging
  • touch focus
  • face detection
  • HDR
  • panorama
  • Video 2160p@30fps dan 1080p@30fps

Saat digunakan untuk melaksanakan foto dan merekam video, kesannya sangat cantik dengan baik dalam pencahayaan yang natural maupun ketika berada dalam kondisi low-light.

Sementara ciri Xiaomi Mi Note 2 palsu akan menunjukkan hasil tangkapan kamera yang kurang terperinci ketika digunakan melaksanakan capture maupun merekam video. Untuk lebih meyakinkan, silahkan anda lihat hasil tangkapan kamera pada Xiaomi Mi Note 2 ori di Youtube.

3. Kamera Sekunder

Untuk aktifitas selfie, Xiaomi Mi Note 2 original dibenamkan kamera berlensa 8 mega pixel dengan pertolongan f/2.0, autofocus dan kemampuan merekam video HD 1080p@30fps, sehingga sangat puas digunakan untuk selfie.

Perbedaan pada Xiaomi Mi Note 2 palsu yaitu tidak memiliki fitur selengkap kamera Mi Note 2 asli. Tujuan pelaku melaksanakan hal itu yaitu untuk mengurangi biaya produksi, sehingga produk tiruan yang mereka buat bisa bersaing dengan produk asli dari segi harga.

4. Sektor Memori
Perbandingan antara Xiaomi Mi Note 2 asli dan palsu berikutnya dapat dilihat dari kapasitas RAM. Xiaomi Mi Note 2 asli menggunakan RAM sbb:

  • Mi Note 2 Internal 64 GB (4 GB RAM)
  • Mi Note 2 Internal 128 GB (6 GB RAM)

Biasanya kalau produk-produk palsu selalu menggunakan RAM yang lebih kecil dari ukuran aslinya. Kemungkinan Xiaomi Mi Note 2 palsu memakai RAM 2 GB dan yang paling tinggi biasanya 3 GB saja. Pelaku tentu tidak mau rugi kalau hardware disamakan dengan aslinya.

5. Versi OS Android
Xiaomi Mi Note 2 asli menggunakan Android v6.0 (Marshmallow) yang bisa anda update ke Android v7.0 (Nougat). Biasanya, produk Xiaomi Mi Note 2 palsu memakai versi Android yang lebih dulu meluncur mirip Lolipop atau Kitkat serta tidak tersedia untuk update OS terbaru.

6. Kualitas Hardware
Fungsi Chipset pada Xiaomi Mi Note 2 yaitu untuk mengatur kecepatan anutan data, dan fungsi CPU untuk mengatur kecepatan pemprosesan data, sedangkan GPU pada Xiaomi Mi Note 2 berfungsi untuk menjalankan grafis dan aplikasi berat lainnya.

Xiaomi Mi Note 2 asli memakai hardware sbb:

  • Chipset: Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821
  • CPU: Quad-core (2x2.35 GHz Kryo & 2x1.6 GHz Kryo)
  • GPU: Adreno 530

Apabila hardware di atas tidak sama dengan Xiaomi Mi Note 2 yang ditawarkan pada anda, sebaiknya anda pertimbangkan terlebih dulu sebelum membeli.

7. Fitur Jaringan
Xiaomi Mi Note 2 asli support banyak sekali jaringan dari 2G, EDGE, 3G, HSDPA dan 4G LTE dengan kecepatan LTE Cat12 600/150 Mbps. Phablet ini juga didukung GPS dan WIFI yang bisa digunakan sebagai Hotspot. Ciri Xiaomi Mi Note 2 KW paling banter hanya memakai jaringan 3G saja dan memangkas beberapa eksistensi fitur lain.

8. USB Type C
Teknologi kekinian dari USB yaitu menggunakan Type-C 1.0 reversible connector. Melalui USB ini kita tidak perlu takut terbalik memasukkan kabel ketika melaksanakan charging. Phablet palsu Mi Note 2 tentu tidak akan memakai USB ini alasannya ketika ini saja masih jarang yang menggunakannya.

9. Fitur NFC
Untuk mentransfer foto dengan cepat perangkat ini dibekali dengan NFC. Xiaomi Mi Note 2 cloning tidak akan sempat menyematkan fitur yang harganya cukup mahal ini.

10. Bluetooth Terbaru
Untuk melaksanakan transfer file dengan cepat, Xiaomi Mi Note 2 asli menggunakan koneksi Bluetooth v4.2 didukung A2DP, EDR, LE. Ciri Xiaomi Mi Note 2 palsu biasanya tidak adanya fitur NFC, versi Bluetooth yang lebih rendah, dan biasanya memakai USB v2.0 bukan tipe-C.

11. Kelengkapan Sensor
Xiaomi Mi Note 2 di support dengan sensor yang cukup lengkap yakni Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer. Saat ini, sensor Fingerprint pada sedang naik daun alasannya merupakan teknologi password dengan sidik jari yang masih jarang digunakan pada perangkat lain. Series Xiaomi Mi Note 2 palsu paling hanya mendukung beberapa sensor dari banyak sensor di atas.

12. Fitur Charging

Untuk mengisi daya, baterai sebesar 4070 mAh sudah disematkan pada perangkat Xiaomi Mi Note 2 ini. Phablet cerdas ini juga dilengkapi dengan teknologi Fast battery charging: 83% in 30 min (Quick Charge 3.0) sehingga mempercepat proses pengisian daya. Xiaomi Mi Note 2 palsu tentu akan sangat malas untuk menawarkan produk mereka fitur mirip di atas.

13. Berat Phablet
Meniru berat sebuah perangkat mirip phablet akan membuat pelaku sangat kesulitan. Xiaomi Mi Note 2 asli memiliki berat 166 gram, kalau phablet dengan merek yang sama ditawarkan kepada anda namun beratnya tidak sama sebaiknya anda hati-hati.

14. Cek IMEI
Cara paling ampuh cek keaslian Xiaomi Mi Note 2 asli yaitu dengan mengetahui IMEI.  Cara cek instruksi IMEI Xiaomi Mi Note 2 cukup dengan menekan tombol *#06# maka akan muncul instruksi unik yang hanya dimiliki oleh Xiaomi Mi Note 2 anda.

Kemudian cocokkan dengan IMEI di box kardus pembelian dan cocokkan juga di website resmi Xiaomi.  Apabila instruksi IMEI Xiaomi Mi Note 2 anda tidak terdaftar disana, maka sudah pasti itu bukan barang asli.

Kesimpulan
Sebagai konsumen yang cerdas, berhati-hatilah dalam memilih Phablet untuk memenuhi kebutuhan anda. Jangan mudah tergiur dengan pemanis “Harga Murah”. Cek terlebih dulu spesifikasi dan harga Xiaomi Mi Note 2 terbaru secara terencana sebelum membeli.



Apabila anda memiliki bukti gambar perbedaan secara fisik antara Xiaomi Mi Note 2 asli dan palsu mohon untuk memberitahukan penulis sehingga postingan ini bisa ditambah untuk melengkapi referensi.

Jangan lupa anda beritahu juga kepada teman/ saudara anda perihal bagaimana cara membedakan Xiaomi Mi Note 2 Asli dan Palsu sehingga mereka bisa cek pribadi keaslian Phablet Xiaomi Mi Note 2 dan terhindar dari kasus penipuan.

0 Response to "14 Cara Membedakan Xiaomi Mi Note 2 Asli dan Palsu"

Post a Comment