Apa itu Thumbnail di android dan apa fungsinya ?

Baca Juga

Apa itu Thumbnail di android dan apa fungsinya, Bagi pembaca yang sudah sering berkutat dengan komputer atau PC tentu tidak abnormal lagi dengan kata 'thumbnail', dimana dikala kita sedang membuka suatu folder dan ingin menampilkan gambar atau image kecil maka view mampu diubah menjadi bentuk gambar kecil-kecil, itulah thumbnail. Masih galau mengartikannya dan belum tahu apa fungsinya ?, yuk simak ulasan DetiInfo tekno berikut ini.

apa itu thumbnail android

Thumbnail merupakan 'alat bantu' bagi sistem untuk menampilkan file berukuran besar menjadi ukuran lebih kecil yang mampu ditampilkan dengan cepat dikala user ingin melihat image tersimpan yang ada di perangkatnya. Dimana file yang ada di folder thumbnail dihasilkan dari seluruh gambar yang pernah dilihat oleh pemilik gadget, maka dari itu dikala anda melihat isi galeri di ponsel yang tampak yaitu tampilan gambar kecil yang bukan ukuran asli berbentuk petak-petak teratur sesuai ukuran layar dan settingan sistem itu sendiri.

Masih galau bagaimana Thubnail itu bekerja ?, begini, umpama anda gres saja menjepret suatu objek dan membuka karenanya di galeri disitu ada gambar kecil yang mampu diartikan sebagai preview disebabkan ukurannya kecil, sesungguhnya anda tidak melihat secara eksklusif file asli hasil jepretan kamera namun visual yang tampil keccil-kecil tersebut yaitu duplikat dari image asli yang tersimpan di folder Thumbnail yang persis maupun properties-nya dengan image aslinya namun berbeda ukuran dan besar filenya.

Nah, file yang tercipta di folder Thumbnail itulah yang sesungguhnya digunakan setiap waktu untuk diperlihatkan kepada pengguna biar sistem tidak berat meloading setiap gambar yang berukuran besar. Anda mampu mencicipi bagaimana cepatnya melihat isi galeri di smartphone padahal ukuran file image besarnya lebih dari 2 MegaPixel. Seandainya image asli yang ditampilkan secara berpetak di galeri tentu RAM dan processor akan berak kinerjanya untuk menampilkan visual image di layar.

Bolehkah Hapus File Thumbnail ?

Pertanyaannya apakah file thumbnail itu aman untuk dihapus atau tidak boleh sama sekali diotak-atik ?, untuk menjawabnya silahkan simak penjelasannya di bawah ini:





1. File thumbnail di ponsel android mampu dihapus kapan saja dan tentu saja aman karena file tersebut hanya dipergunakan untuk menampilkan visual image asli lebih kecil.

Apakah nanti gambar mampu dilihat lagi di galeri ?, tentu saja bisa, karena dikala anda menghapus file Thumb maka secara otomatis akan tercipta file gres di folder thumbnail dikala anda ingin membuka gambar yang ada di ponsel anda melalui galeri maupun melalui aplikasi penampil gambar lainnya.

2. Dengan menghapus Isi folder thumbnail nantinya kinerja ponsel akan ringan karena sistem tidak melaksanakan pengindex-an banyak file gambar yang memakan banyak resource RAM.

Bagi anda yang ingin menghapus file di folder Thumbnail silahkan simak caranya di bawah ini :

1. Buka aplikasi file explorer di ponsel android sobat

efek hapus thumbnail

2. setelah itu masuk ke folder Foto atau DCIM

3. disana mungkin anda belum melihat dimana folder thumbnail berada karena memang oleh sistem disembunyikan (hidden file)

4. Untuk menampilkan folder silahkan tap menu dan sentuh 'tampilkan file tersembunyi', nantinya folder Thumbnail akan tampil dan file didalamnya mampu siap dihapus.

Nah, sudah tahu kan apa itu thumbnail dan fungsinya di HP android ?, semoga ullasan admin diatas mampu bermanfaat untuk pembaca semua, jangan sungkan untuk melontarkan pertanyaan seputar smartphone android di kolom komentar ya.
Sumber http://www.detikinfo.com

0 Response to "Apa itu Thumbnail di android dan apa fungsinya ?"

Post a Comment