12 Perbedaan Xiaomi Redmi 4 VS Redmi 3

Baca Juga

Xiaomi Redmi 4 dan Redmi 3 merupakan smartphone generasi series “REDMI” yang diperuntukkan untuk menyasar kalangan menengah ke atas atau bisa dibilang di bawahnya Redmi Note. Smartphone besutan perusahaan Tirai Bambu ini diklaim memiliki cukup banyak penggemar alasannya menunjukkan spesifikasi gahar namun dengan harga yang terjangkau. Kesuksesan Redmi 3 membuat Xiaomi merilis generasi penerusnya. Kelebihan Xiaomi Redmi 4 dibuat sedemikian rupa biar bisa menarik perhatian konsumen di pasaran gadged.


Perbedaan Xiaomi Redmi 4 VS Redmi 3

Namun, ada banyak juga yang mengatakan bahwa perbandingan Xiaomi Redmi 4 dan Redmi 3 tidak berbeda jauh. Beberapa orang bahkan mengklaim hanya beberapa saja yang membedakan kedua smartphone tersebut sehingga menimbulkan harga kedua perangkat itu juga berbeda. Adanya banyak sekali pendapat memicu kemunculan pro dan kontra tersebutlah yang membuat penasaran banyak orang khususnya konsumen penggemar setia Xiaomi yang ingin mengetahui rincian terperinci mengenai perbedaan dari kedua smartphone tersebut.

Sebagai konsumen yang cerdas, kita harus mengetahui terperinci perbedaan Xiaomi Redmi 4 dan Xiaomi Redmi 3 sehingga tidak salah beli yang menimbulkan kita menyesal nantinya. Lalu bagaimanakah cara membedakan Xiaomi Redmi 4 dan Redmi 3? Berikut ini Penulis mengulas 12 Perbedaan Xiaomi Redmi 4 VS Redmi 3 sehingga mempermudah sobat untuk menentukan pilihan di antara kedua smartphone tersebut. 

1. Desain Smartphone
Sama ibarat halnya Xiaomi Redmi 3, Redmi 4 juga didesain dengan bodi terbuat dari materi metal yang menyampaikan kesan elegan. Bahan tersebut sangat nyaman di genggaman pengguna sehingga kesan premium pun tampak nyata.

Bedanya, desain bentuk Xiaomi Redmi 4 lebih ibarat iPhone dan tampak cantik ketimbang Redmi Note 3. Selain itu, letak speaker Redmi 4 berada di bawah, sementara Redmi 3 berada di belakang.

2. Resolusi Layar
Xiaomi Redmi 3 memiliki resolusi 720 x 1280 pixels ( ,294 ppi pixel density). Sedangkan Xiaomi Redmi 4 menggunakan resolusi dan kerapatan pixel lebih tinggi yakni 720 x 1280 pixels ( ,296 ppi pixel density). Artinya, ketajaman layar pada Redmi 4 sangat baik dan lebih jernih ketimbang Redmi  3.

3. Kamera Utama
Perbedaan antara Xiaomi Redmi 4 VS Xiaomi Redmi 3 dapat dilihat dari kualitas kamera utama. Jika Xiaomi Redmi 3 memiliki kamera pada bab belakang berlensa 13 mega pixel dengan kemampuan f/2.0, face detection, autofocus, LED flash, dan ditambah dengan fitur Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, panorama serta bisa merekam video sampai 1080p@30fps. 

Sementara Xiaomi Redmi 4 memiliki kamera belakang dengan lensa yang sama yakni 13 MP, namun memiliki bukaan lensa lebih besar yakni f/2.2 sehingga kemampuan jangkauan kamera utama menjadi lebih luas.

4. Kamera Depan
Untuk menyasar pengguna selfie Xiaomi Redmi 3 dibenamkan dengan kamera berlensa 5 mega pixel ditambah dengan perlindungan f/2.2, dan kemampuan merekam video sampai 1080p@30fps sehingga nyaman digunakan ketika selfie.

Sedangkan pada Xiaomi Redmi 4 juga dibenamkan dengan kamera berlensa 5 MP, namun mempunyai peforma dan kwalitas yang lebih baik alasannya memakai MiUI 8. Hal ini membuat pengguna selfie sangat senang.

6. Memori Internal
Xiaomi Redmi 4 VS Redmi 3 berikutnya dapat dilihat juga melalui kapasitas memori internalnya. Xiaomi Redmi 3 memakai internal 16 GB dan Redmi 4 Prime memakai internal memori 32 GB.

7. Versi OS dan MiUI
Xiaomi Redmi 3 memakai Android v5.1 (Lollipop) dan Redmi 4 menggunakan Android versi terbaru yakni v6.0.1 (Marshmallow). Selain itu ROM yang digunakan juga berbeda, Xiaomi Redmi 3 memakai MiUI 7 sementara Redmi 4 menggunakan MiUI 8 yang lebih baik lagi.

8. Hardware
Fungsi Chipset yaitu untuk mengatur kecepatan anutan data, dan fungsi CPU untuk mengatur kecepatan pemprosesan data, sedangkan GPU berfungsi sebagai menjalankan grafis & aplikasi berat lainnya. Perbedaan Xiaomi Redmi 4 dan Redmi 3 dapat dilihat juga dari hardware berikut ini.


Xiaomi Redmi 3:
  • Chipset Qualcomm MSM8939v2 Snapdragon 616
  • CPU Octa Core 1.5 GHz Cortex-A53
  • GPU Adreno 405

Xiaomi Redmi 4:
  • Chipset: Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430
  • CPU: Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53
  • GPU: Adreno 505



Artinya hardware milik Xiaomi Redmi 4 lebih unggul ketimbang milik Redmi 3. Hal ini di anggap wajar mengingat smartphone terbaru Redmi 4 ini yaitu generasi penerus.

9. Fitur Jaringan
Xiaomi Redmi 4 dan Redmi 3 support banyak sekali jaringan dari 2G sampai 4G LTE dan mendukung Wifi serta bisa digunakan sebagai Hotspot. Bedanya, kecepatan jaringan 4G pada Xiaomi Redmi 4 lebih stabil ketimbang Redmi 3.

10. Fitur Sensor
Xiaomi Redmi 3 memiliki empat sensor yakni accelerometer, gyro, proximity, dan compass. Sedangkan pada Xiaomi Redmi 4 mengalami peningkatan yakni Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, dan compass.

11. Fast Charging
Xiaomi Redmi 3 dan Redmi 4 sama-sama menggunakan baterai berdaya 4100 mAh. Namun, hanya Xiaomi Redmi 4 saja yang telah disematkan fitur fast charging sehingga mempercepat pengisian daya baterai.

12. Pilihan Warna
Xiaomi Redmi 3 memiliki empat pilihan warna casing ibarat Gold, Dark Gray, Silver, Classic Gold. Sedangkan Xiaomi Redmi 4 memiliki tiga pilihan warna yakni Gold, Dark Gray, dan Silver.

Kesimpulan
Berdasarkan data-data di atas, pemenangnya terperinci Xiaomi Redmi 4. Namun, persoalan pilihan tentu bersifat subjektif sesuikan saja dengan budget yang sobat miliki sehingga tidak ngutang hehehe….

Apabila sobat memiliki bukti gambar perbandingan secara fisik antara Xiaomi Redmi 4 dan Redmi 3 mohon untuk memberitahukan penulis sehingga bisa diposting dikemudian hari. Oh iya, Sumber artikel di atas di ambil dari website terpercaya khusus membahas handphone dan website ini sudah berskala internasional. Sehingga mengenai keakuratan data spesifikasi Xiaomi Redmi 4 dan Redmi 3 di atas dapat dipertanggungjawabkan. 

Setelah sobat mengetahui 12 Perbedaan Xiaomi Redmi 4 VS Redmi 3 di atas sekarang sobat pasti sudah bisa menentukan pilihan yang mana yang sesuai dengan kebutuhan harian sobat sehingga tidak menyesal ketika sudah membeli. Sobat juga bisa share ke teman-teman sobat biar mereka juga mengetahui perbandingan Xiaomi Redmi 4 dan Redmi 3 dengan baik.

0 Response to "12 Perbedaan Xiaomi Redmi 4 VS Redmi 3"

Post a Comment