13 Cara Membedakan Xiaomi Redmi Note 4 Asli dan Palsu

Baca Juga

Xiaomi Redmi Note 4 merupakan smartphone generasi series ”REDMI NOTE” yang diproduksi untuk menyasar kalangan menengah ke atas dengan desain premium layaknya smartphone iPhone. Generasi smartphone 2016 ini memang sukses menyasar konsumen di Indonesia. Kesuksesan ponsel berilmu ini ditakutkan akan memicu kemunculan smartphone palsu yang ibarat HP Xiaomi Redmi Note 4.


Cara Membedakan Xiaomi Redmi Note 4 Asli dan Palsu

Kehadiran produk Xiaomi Redmi Note 4 palsu sangat memungkinkan di Indonesia mengingat pelaku kejahatan membuat produk replika berdasarkan popularitas suatu device. Sebagai konsumen yang cerdas kita perlu mengetahui perbedaan antara Xiaomi Redmi Note 4 asli atau palsu demi keamanan sebelum membeli.

Berikut ini penulis akan bagikan cara cek Xiaomi Redmi Note 4 asli atau palsu sehingga sobat terhindar dari kasus penipuan:

1. Resolusi Layar
Xiaomi Redmi Note 4 yang memiliki layar 5.5 inchi menggunakan resolusi 1080 x 1920 pixels ( ,401 ppi pixel density) yang membuat kecerahan dan kerapatan pixel pada layar yang sangat bagus. Pada smartphone Note 4 palsu tingkat kecerahan berkurang sehingga kualitas layar tentu akan lebih buram.

2. Kamera Primer
Ciri Xiaomi Redmi Note 4 asli membawa kamera belakang berlensa 13 mega pixel dengan bantuan  f/2.0, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash, dan ditambah fitur yang melimpah mirip Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, panorama serta kemampuan merekam video HD yakni 1080p@30fps dan 720p@120fps. Saat digunakan untuk melaksanakan foto dan merekam video, karenanya sangat mengagumkan dengan pencahayaan yang natural. 

Sementara ciri Xiaomi Redmi Note 4 palsu akan menunjukkan hasil tangkapan kamera yang kurang terang ketika digunakan melaksanakan capture maupun merekam video. Untuk lebih meyakinkan, silahkan sobat lihat hasil tangkapan kamera pada Xiaomi Redmi Note 4 ori di Youtube.

3. Kamera Sekunder
Untuk aktifitas selfie, Xiaomi Redmi Note 4 original dibenamkan kamera berlensa 5 mega pixel dengan bantuan f/2.0 dan kemampuan merekam video HD 1080p@30fps, sehingga sangat nyaman digunakan untuk selfie. 

Perbedaan pada Xiaomi Redmi Note 4 palsu ialah tidak memiliki fitur selengkap kamera Note 4 asli. Tujuan pelaku melaksanakan hal itu ialah untuk mengurangi biaya produksi, sehingga produk tiruan yang mereka buat bisa bersaing dengan produk asli dari segi harga.

4. Kapasitas RAM
Perbandingan antara Xiaomi Redmi Note 4 asli dan palsu berikutnya dapat dilihat dari kapasitas RAM. Xiaomi Redmi Note 4 asli menggunakan RAM sebesar 2 GB untuk versi stsobatr edision. Sedangkan untuk stsobatr hight edision mengusung RAM 3 GB. Biasanya jikalau produk-produk palsu selalu menggunakan RAM yang lebih kecil dari ukuran aslinya. Kemungkinan Xiaomi Redmi Note 4 palsu memakai RAM 1 GB. Pelaku tentu tidak mau rugi jikalau hardware disamakan dengan aslinya.

5. Kapasitas Internal Memori
Mengamati kapasitas memori internal juga merupakan salah satu cara membedakan Xiaomi Redmi Note 4 asli dan palsu. Memakai internal berukuran 64 GB merupakan Ciri Xiaomi Redmi Note 4 asli. Memori sebesar itu tentu cukup untuk menyimpan banyak sekali file favorit pengguna perangkat ini.

Agar smartphone palsu dapat jual dengan harga murah. Pelaku akan memangkas kapasitas memori internal pada Xiaomi Redmi Note 4 palsu miliknya. Kemungkinan smartphone tiruan Xiaomi Redmi Note 4 menggunakan memori internal 16 GB.

6. Versi OS Android
Xiaomi Redmi Note 4 asli menggunakan Android v6.0 (Marshmallow) dengan custom ROM MiUI 8. Biasanya, produk Xiaomi Redmi Note 4 palsu memakai versi Android yang lebih dulu meluncur mirip Lolipop atau Kitkat.

7. Kualitas Hardware
Fungsi Chipset pada Xiaomi Redmi Note 4 ialah untuk mengatur kecepatan pedoman data, dan fungsi CPU untuk mengatur kecepatan pemprosesan data, sedangkan GPU pada Xiaomi Redmi Note 4 berfungsi untuk menjalankan grafis dan aplikasi berat lainnya. Nah… Xiaomi Redmi Note 4 asli memakai hardware sbb:
  • Chipset Mediatek MT6797 Helio X20
  • CPU Deca-core 2.1 GHz
  • GPU Mali-T880 MP4
Apabila hardware di atas tidak sama dengan Xiaomi Redmi Note 4 di atas, sebaiknya sobat pertimbangkan terlebih dulu sebelum membeli.

8. Fitur Jaringan
Xiaomi Redmi Note 4 asli support banyak sekali jaringan dari 2G, EDGE, 3G, HSDPA dan 4G LTE. Smartphone ini juga didukung GPS dan WIFI yang bisa digunakan sebagai Hotspot. Biasanya, Xiaomi Redmi Note 4 KW paling banter hanya memakai jaringan 3G saja dan memangkas beberapa eksistensi fitur lain.

9. Keberadaan Radio
Xiaomi Redmi Note 4 asli memiliki pemutar radio khas bawaan Xiaomi yang membedakan dengan pemutar radio pada vendor lainnya. Pada Xiaomi Redmi Note 4 kloning akan sangat malas untuk menyematkan fitur pemutar radio yang jarang digunakan pada zaman ketika ini.

10. Konektivitas
Untuk melaksanakan transfer file dengan cepat, Xiaomi Redmi Note 4 asli menggunakan koneksi Bluetooth v4.2 didukung A2DP, LE. Fitur gres microUSB v2.0, USB On-The-Go juga disematkan pada Xiaomi Redmi Note 4 original. Nah… ciri Xiaomi Redmi Note 4 palsu biasanya tidak adanya fitur OTG dan versi Bluetooth yang lebih rendah.

11. Kelengkapan Sensor
Xiaomi Redmi Note 4 di support dengan sensor yang cukup lengkap yakni Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, dan compass. Sensor yang terbaru ialah sensor Fingerprint, dimana sobat bisa mengamankan sidik jari untuk keamanan perangkat. Series Xiaomi Redmi Note 4 palsu paling hanya mendukung beberapa sensor dari banyak sensor di atas.

12. Fitur Charging
Untuk mengisi daya baterai sebesar Li-Po 4100 mAh, Xiaomi Redmi Note 4 dilengkapi dengan teknologi Fast battery charging sehingga mempercepat proses pengisian daya. Xiaomi Redmi Note 4 palsu tentu akan sangat malas untuk menunjukkan produk palsu mereka fitur mirip di atas.

13. Cek IMEI
Cara paling ampuh cek Xiaomi Redmi Note 4 asli ialah dengan mengetahui IMEI.  Cara cek aba-aba IMEI Xiaomi Redmi Note 4 cukup dengan menekan tombol *#06# maka akan muncul aba-aba unik yang hanya dimiliki oleh Xiaomi Redmi Note 4 sobat. Kemudian cocokkan dengan IMEI di box kardus pembelian dan cocokkan juga di website resmi Xiaomi.  Apabila aba-aba IMEI Xiaomi Redmi Note 4 sobat tidak terdaftar disana, maka sudah pasti itu bukan barang asli.

Kesimpulan
Sebagai konsumen yang cerdas, berhati-hatilah dalam memilih smartphone untuk memenuhi kebutuhan sobat. Jangan mudah tergiur dengan suplemen “Harga Murah”. Cek terlebih dulu spesifikasi dan harga Xiaomi Redmi Note 4 terbaru secara bersiklus diberbagai acuan sebelum membeli.

Apabila sobat memiliki bukti gambar perbedaan secara fisik antara Xiaomi Redmi Note 4 asli dan palsu mohon untuk memberitahukan penulis sehingga postingan ini bisa ditambah untuk melengkapi referensi. Jangan lupa sobat beritahu juga kepada teman-teman sobat wacana bagaimana cara membedakan Xiaomi Redmi Note 4 Asli dan Palsu sehingga mereka bisa mengetahui ciri serta cek eksklusif keaslian Xiaomi Redmi Note 4 semoga terhindar dari kasus penipuan.

0 Response to "13 Cara Membedakan Xiaomi Redmi Note 4 Asli dan Palsu"

Post a Comment