Cara Kirim File di Android, 50 Kali Lebih Cepat Dari Bluetooth

Baca Juga

Jika sobat ingin mengirim file berukuran di bawah 10 MB tentu menggunakan Bluetooth tidak akan ada masalah. Tetapi bagaimna jikalau sobat ingin mengirim file yang memiliki size di atas 100 MB, apakah masih mau pakai Bluetooth? Jika sobat masih menggunakan Bluetooth siapkan secangkir kopi atau teh alasannya sudah pasti sobat akan sangat lama menunggu. Selain itu, sobat juga bisa dikategorikan sebagai orang yang ketinggalan zaman alias tidak kekinian alasannya sobat tidak bisa memanfaatkan smartphone Android secara tepat.

dikanal Aplikasi, gue pernah membahas cara main Pokemon Go tanpa internet yang bisa membuat sobat untuk bersabar. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengirim file yang memiliki kemampuan 50 kali lebih cepat dari Bluetooth. Salah satunya aplikasi berjulukan Xender. Memang ada aplikasi lain sejenisnya ibarat Shareit, namun memiliki kekurangan yang berdasarkan pengalaman gue sangat tidak menyukainya. Kekurangan Shareit yaitu selalu berjalan dibelakang background yang memakan RAM meskipun aplikasinya sudah di close. Sehingga saat gue menghidupkan paket data, aplikasi ini juga ikut menyedot kuota. Alhasil paketan internet gue cepat habis.

Ditambah lagi HP gue Samsung Galaxy V yang memiliki RAM kecil hanya 512 MB jadi agak lemot kalau beberapa aplikasi berjalan di belakang background. Untungnya, gue menemukan cara membuat Android tidak lemot meski RAM terdesak. Saya kemudian mencari aplikasi sejenis lainnya yang lebih ringan dan tidak memakan kuota. Akhirnya gue menemukan aplikasi Xender ini.

Kelebihan Xender yaitu dapat mengirimkan data lintas platform. Sobat kini bisa mengirim file melalui WiFi tanpa menggunakan internet ke:

  • Android dengan Android
  • Android dengan iPhone
  • Android dengan Windows Phone
  • Android dengan PC
  • Android dengan MAC

Xender bisa mengirim file dengan kemampuan 50 kali lebih cepat dari Bluetooth. Jadi, meskipun sobat mengirim ukuran file 1 GB semuanya akan terasa lancar dengan aplikasi ini. Bagaimana cara menggunakannya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:
  • Pertama, unduh Xender di Google Play Store
  • Setelah final unduh, install aplikasi Xender ibarat memasang aplikasi biasa pada umumnya.
  • Buka aplikasi xender, maka tampilan perdana akan ibarat gambar di bawah ini. Silahkan pilih “LEWATI”.


  • Setelah klik “LEWATI”, berikutnya akan tampil ibarat di gambar di bawah. Silahkan anda klik sesuai petunjuk yang dilingkari warna putih itu.


  • Berikutnya muncul lagi bundar warna putih pada icon roket ibarat gambar di bawah. Silahkan klik saja bundar warna putih pada icon roket itu.


  • Maka akan muncul tampilan home/beranda dari aplikasi Xender ini ibarat gambar di bawah.


  • Untuk mengirim file ibarat aplikasi, gambar, document, video, dll menggunakan Xender, silahkan sentuh untuk menandai ibarat gambar di bawah, gue ingin mengirim dua aplikasi tersebut. Setelah anda tandai apa saja yang akan dikirim, selanjutnya tekan “KIRIM” yang berada di bagain bawah.


  • Setelan anda menekan “KIRIM” maka aplikasi Xender akan otomatis menghidupkan hotspot untuk mengirim file tersebut. Lihat gambar di bawah.


  • Setelah berhasil menyalakan Hotspot, maka akan tampil ibarat gambar di bawah ini.


  • Selanjutnya, buka aplikasi Xender di HP yang akan mendapatkan file. Aplikasi Xender akan tampil ibarat gambar di bawah ini. Silahkan klik icon “ROKET” tersebut.


  • Setelah sobat klik icon “ROKET” maka akan muncul tampilan ibarat pada gambar di bawah. Silahkan sobat pilih “TERIMA”.


  • Setelah sobat pilih “TERIMA”, maka Xender akan mencari dan menemukan hotspot yang ada di HP tadi. Silahkan klik nama Hostpot yang sudah ditemukan ibarat gambar di bawah ini.


  • SELAMAT! Dengan kecepatan tinggi file tersebut eksklusif terkirim. Sekarang sobat bisa mengirim file berukuran besar sekalipun tanpa harus menunggu lama ibarat menggunakan Bluetooth.

Di bawah ini gue juga menyediakan nama-nama aplikasi sejenis yang bisa digunakan untuk mengirim file super cepat melebihi Bluetooth. Untuk mendownload silahkan cari aja di Google Play Store. Aplikasi tersebut yaitu;

WiFiDroid => Butuh aplikasi transfer via WiFi namun dengan ukuran dan konsumsi RAM yang kecil? Maka WiFiDroid bisa sobat manfaatkan. Aplikasi ini juga bisa mengirimkan str3aming lagu dan kamera ke komputer yang ditentukan sehingga sobat bisa mengontrolnya dengan mudah.

Zapya => Aplikasi ini terkenal alasannya ia tidak membatasi ukuran file yang akan dikirim. sobat hanya perlu meng-install Zapya di kedua perangkat dan nikmati kecepatan pengiriman file yang super cepat.

Send Anywhere => Aplikasi ini berbeda dengan yang lainnya dalam hal sistem pairing. Ia menggunakan kombinasi 6 digit untuk menyelaraskan antar dua HP. Menariknya, aplikasi ini tidak memerlukan proses login dan ia dapat menyambung proses transfer secara mulus.

Superbeam => Dapat mengirim file antar Android hanya dengan mem-pairing-nya dengan QR-Code maupun NFC. Jika smartphone sahabat sobat belum memiliki Superbeam, sobat tetap dapat mengirimkan file melalui fitur tatap muka web.

Portal => Sangat mudah untuk digunakan, selain memiliki fitur drag and drop yang baik, ia juga dapat eksklusif menyimpan gambar yang dikirim ke Gallery pada smartphone tujuan.

WiFi Share => Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengirim file melalui WiFi tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun melalui paket data internet. Kecepatan transfer mencapai 2,5 MBps membuatnya layak untuk dicoba.

Fast File Transfer => Aplikasi ini tidak begitu berbeda dengan aplikasi lainnya, namun ia punya fitur unggulan yaitu dapat mengompresi file-file yang dikirim dalam bentuk ZIP secara otomatis.

WiFi Shoot => Bisa sobat andalkan dalam mengirimkan file antar Android dengan sangat cepat. Fiturnya yang dapat diandalkan berikut aplikasi yang sangat ringan membuatnya bisa menjadi alternatif dari aplikasi-aplikasi lainnya yang sudah ada.

Dari beberapa aplikasi tersebut, gue sudah pernah mencoba Shareit, Zapya dan Xender. Sejauh aplikasi yang gue coba, Xender menurut gue yang paling baik dalam hal transfer file. Pernyataan gue mungkin akan terbantahkan jikalau sobat mencoba aplikasi lainnya selain yang gue coba. Selamat mencoba, biar bermanfaat.

0 Response to "Cara Kirim File di Android, 50 Kali Lebih Cepat Dari Bluetooth"

Post a Comment