Mengapa Menggunakan WiFi untukVideo / Call Online lebih stabil ?

Baca Juga

Sudah jamak sekarang ini pengguna Smartphone melaksanakan panggilan dengan fitur Call Online maupun video Call, Dimana semakin murahnya harga kuota Internet akhir-akhir ini semakin banyak pengguna smartphone yang memanfaatkannya untuk melaksanakan panggilan online. Namun adakalanya problem sambungan internet yang menggunakan sambungan data selular merasa ada lag, tersendat atau panggilan tidak lancar bahkan sering terputus di tengah pembicaraan, apa yang terjadi ?

Menggunakan WiFi untuk video/Call Online lebih stabil ?

Mungkin anda pernah mendapati banyak aplikasi social media atau messenger yang menyampaikan tips untuk melaksanakan panggilan online dengan memanfaatkan sambungan data via WiFi, hal tersebut tentu mempunyai tujuan tersendiri dan memang ada alasan yang logis supaya ketika anda melaksanakan aktifitas panggilan online atau video call mampu lancar tanpa hambatan.

Sebenarnya apa bedanya ketika kita menggunakan sambungan internet menggunakan jaringan WiFi atau jaringan data selular ?, kan keduanya sama-sama menyampaikan relasi antara smartphone ke internet ?, untuk menjawabnya yuk simak terus penjelasannya di bawah ini.

Syarat Video/Call online lancar

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi ketika ingin melaksanakan panggilan online dari smartphone supaya lancar tanpa tersendat, tidak terputus putus dan tidak terjadi disconnect, apa saja itu ?

1. Kedua perangkat harus mempunyai sambungan data internet yang stabil, maksudnya disini yaitu di kedua ponsel yang sedang melaksanakan proses panggilan dan mendapatkan telepone online harus mempunyai koneksi internet stabil.

Bila salah satu, rujukan pemanggil menggunakan jaringan data berkualitas 3G namun si peserta menggunakan sambungan data berkualitas GPRS pasti proses selama menelepon tidak akan mampu lancar dan cendderung tersendat-sendat.

Mengapa demikian ?, perlu diketahui bahwa ada ketika seseorang melaksanakan video call atau call online sebenarnya ada yang namanya upload data serta download, disini ketika kedua ponsel terhubung akan ada koneksi secara terus menerus untuk menghantarkan data-data bunyi atau video ke peserta (upload) dan si peserta juga akan melalui proses unduh supaya mampu melihat dan mendengar lawan bicaranya.

Semakin cepat koneksi internet maka semakin lancar pula panggilan online yang terjadi di kedua perangkat tanpa ada kendala macet, tersendat atau bahkan disconnecting.





2. Adanya kompresi data, maksudnya disini sekarang ini aneka macam macam aplikasi yang menunjukkan kestabilan dalam melaksanakan call online dan panggilan video, dimana di aplikasi tersebut mampu melaksanakan kompresi data sekecil mungkin supaya proses upload dan unduh berjalan dengan cepat

3. Sistem yang tidak bermasalah, maksudnya yaitu bagaimanapun cepat dan stabilnya koneksi internet yang dimiliki oleh si pemanggil atau peserta namun apabila ada salah satu saja perangkat tersebut yang mengalami gangguan di operating systemnya akan menjadi persoalan tersendiri.

Sistem yang sedang bermasalah di smartphone cenderung menghambat proses aplikasi berjalan dengan semestinya, bahkan tidak jarang koneksi internet yang tadinya stabil menjadi terasa lemot.

4. Kualitas Hardware smartphone, banyak kejadian dimana beberapa pengguna smartphone mengeluhkan awalnya lancar melaksanakan call online namun tiba-tiba selang beberapa dikala panggilan terputus, bunyi tidak terdengar, video buram dan lain sebagainya. Hal tersebut mampu terjadi sebab kualitas hardware ponsel yang sudah menurun kinerjanya atau mampu sebab ukuran RAM terlalu kecil hingga prosesor harus bekerja ekstra untuk menjalankan proses panggilan online sehingga menjadikan gagal kerja di salah satu komponen yang ada.

Video Call / Call online pakai WiFi





Menjawab topik yang kita bahas diatas, mengapa ketika melaksanakan panggilan video atau bunyi online lebih dianjurkan memakai sambungan WiFi daripada memakai kartu selular ?, sebab Sambungan Wifi rata-rata lebih stabil dalam melaksanakan transfer data, baik itu uploadd maupun download.

Nilai Ping yang dihasilkan perangkat WiFi dengan perangkat selular juga sangat kecil dan cenderung tidak terjadi timeout koneksi. Perlu diketahui, bergotong-royong pada sebuah jaringan, indah tidaknya koneksi mampu dilihat dari nilai transfer koneksi yang dilakukan atau biasa dilakukan dengan jalan 'ping', semakin kecil nilai ping yang dihasilkan berarti semakin lancar koneksi kedua perangkat.

Bila si penelepon dan peserta panggilan Online sama-sama menggunakan sambungan WiFi maka mampu dipastikan koneksi keduanya akan lancar tanpa hambatan. Tentunya syarat utamanya Bandwidth internet juga harus memenuhi nilai minimal untuk melaksanakan call online atau video call yaitu minimal 512kbps.

Lain lagi jikalau kedua perangkat menggunakan koneksi data internet dengan menggunakan kartu selular, maka ada beberapa kondisi yang mampu menghambat koneksi jaringan ibarat kekuatan sinyal, kualitas jaringan, kepadatan pengguna di suatu area dan lain sebaginya.

Banyak yang merasa kualitas sinyal sudah 3G atau HSPA namun ketika digunakan panggilan online tidak lancar, mampu jadi sebab adanya kepadatan pengguna di suatu area atau bahkan sinyal naik turun. Nilai Ping yang dihasilkan juga cenderung besar jikalau diukur serta naik turunnya tangkapan sinyal menjadi penyebab ketidakstabilan koneksi data.

Kaprikornus jikalau anda ingin lancar dalam melaksanakan aktifitas call online lebih dianjurkan menggunakan jaringan Wifi daripada memakai kartu selular. Semoga sedikit ulasan diatas mampu menjawab pertanyaan para pembaca semua, silahkan usikan komentar atau pertanyaan di kolom komen di bawah artikel ini, terima kasih.

Sumber http://www.detikinfo.com

0 Response to "Mengapa Menggunakan WiFi untukVideo / Call Online lebih stabil ?"

Post a Comment