11 Cara Membedakan Xiaomi Mi 5s Plus Asli dan Palsu

Baca Juga

Xiaomi Mi 5s Plus merupakan smartphone generasi series ”MI” yang diproduksi untuk menyasar kalangan atas dengan desain premium layaknya iPhone 7 Plus. Sebelum mengeluarkan varian s ini, Perusahaan Tirai Bambu tersebut telah memproduksi Mi5 yang memang laris dipasaran. Kesuksesan ponsel pandai ini ditakutkan akan memicu kemunculan smartphone palsu yang mirip HP Xiaomi Mi 5s Plus asli.

 Xiaomi Mi 5s Plus
 Xiaomi Mi 5s Plus


Kehadiran produk Xiaomi Mi 5s Plus palsu sangat memungkinkan di Indonesia mengingat pelaku kejahatan membuat produk replika berdasarkan popularitas suatu device. Sebagai konsumen yang cerdas kita perlu mengetahui perbedaan antara Xiaomi Mi 5s Plus asli atau palsu demi keamanan sebelum membeli.

Berikut ini akan bagikan cara cek Xiaomi Mi 5s Plus asli atau palsu sehingga anda terhindar dari kasus penipuan:

1. Resolusi Layar
Xiaomi Mi 5s Plus yang memiliki layar 5.7 inchi menggunakan resolusi 1080 x 1920 pixels ( ,386 ppi pixel density) yang membuat kecerahan dan kerapatan pixel pada layar yang cukup bagus. Pada smartphone Xiaomi Mi 5s Plus palsu tingkat kecerahan berkurang sehingga kualitas layar tentu akan lebih buram.

2. Kamera Primer
Masalah kamera utama, smartphone ini memang layak disandingkan dengan iPhone 7 plus yang sama-sama mengusung dual kamera. Perbedaan Xiaomi Mi 5s Plus dan iPhone 7 Plus memang harus anda pertimbangkan sebelum membeli.

Ciri Xiaomi Mi 5s Plus asli membawa DUAL kamera belakang berlensa 12 mega pixel dengan bantuan f/2.0, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash, dan ditambah fitur yang melimpah mirip 1/2.3" sensor size, 1.55µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face/smile detection, panorama, auto-HDR serta kemampuan merekam video HD yang juga beragam yakni 2160p@30fps, dan 1080p@30fps. Saat digunakan untuk melaksanakan foto dan merekam video, karenanya indah dengan pencahayaan yang natural.

Sementara ciri Xiaomi Mi 5s Plus palsu akan menunjukkan hasil tangkapan kamera yang kurang terang saat digunakan melaksanakan capture maupun merekam video. Untuk lebih meyakinkan, silahkan anda lihat hasil tangkapan kamera pada Xiaomi Mi 5s Plus ori di Youtube.

3. Kamera Sekunder
Untuk aktifitas selfie, Xiaomi Mi 5s Plus original dibenamkan kamera berlensa 4 mega pixel dengan bantuan f/2.0, 1/3" sensor size, 2µm pixel size dan kemampuan merekam video HD 1080p@30fps, sehingga sangat nyaman digunakan untuk selfie.

Perbedaan pada Xiaomi Mi 5s Plus palsu yaitu tidak memiliki fitur selengkap kamera Xiaomi Mi 5s Plus asli. Tujuan pelaku melaksanakan hal itu yaitu untuk mengurangi biaya produksi, sehingga produk tiruan yang mereka buat bisa bersaing dengan produk asli dari segi harga.

4. Kapasitas RAM
Perbandingan antara Xiaomi Mi 5s Plus asli dan palsu berikutnya dapat dilihat dari kapasitas RAM. Xiaomi Mi 5s Plus asli dengan internal 64 GB menggunakan RAM sebesar 4 GB sementara internal 128 GB memakai RAM 6 GB. Biasanya kalau produk-produk palsu selalu menggunakan RAM yang lebih kecil dari ukuran aslinya.

Agar smartphone palsu dapat jual dengan harga murah. Pelaku akan memangkas kapasitas memori internal pada Xiaomi Mi 5s Plus palsu miliknya. Kemungkinan smartphone tiruan Xiaomi Mi 5s Plus menggunakan memori internal 16 GB dan memakai RAM 1 GB dan yang paling tinggi biasanya 2 GB saja. Pelaku tentu tidak mau rugi kalau hardware disamakan dengan aslinya.

5. Versi OS Android
Xiaomi Mi 5s Plus asli menggunakan antarmuka MiUI 8.0 yang fresh dengan Android v6.0 (Marshmallow) yang bisa anda update ke Android v7.0 (Nougat). Biasanya, produk Xiaomi Mi 5s Plus palsu memakai versi Android yang lebih dulu meluncur mirip Lolipop atau Kitkat.

6. Kualitas Hardware
Fungsi Chipset pada Xiaomi Mi 5s Plus yaitu untuk mengatur kecepatan anutan data, dan fungsi CPU untuk mengatur kecepatan pemprosesan data, sedangkan GPU pada Xiaomi Mi 5s Plus berfungsi untuk menjalankan grafis dan aplikasi berat lainnya. Nah… Xiaomi Mi 5s Plus asli memakai hardware sbb:
  • Chipset Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821
  • CPU Quad-core (2x2.35 GHz Kryo & 2x1.6 GHz Kryo)
  • GPU Adreno 530
Apabila hardware di atas tidak sama dengan Xiaomi Mi 5s Plus yang ditawarkan pada anda, sebaiknya anda pertimbangkan terlebih dulu sebelum membeli.

7. Fitur Jaringan
Xiaomi Mi 5s Plus asli support banyak sekali jaringan dari 2G, EDGE, 3G, HSDPA dan 4G LTE. Smartphone ini juga didukung GPS dan WIFI yang bisa digunakan sebagai Hotspot. Biasanya, Xiaomi Mi 5s Plus KW paling banter hanya memakai jaringan 3G saja dan memangkas beberapa eksistensi fitur lain.

8. Sektor Konektivitas
Untuk melaksanakan transfer file dengan cepat, Xiaomi Mi 5s Plus asli menggunakan koneksi Bluetooth v4.2 didukung A2DP, EDR, LE. Sedangkan untuk mentransfer foto dengan cepat perangkat ini dibekali NFC. Fitur gres USB Type-C 1.0 reversible connector juga disematkan pada Xiaomi Note original. Nah… ciri Xiaomi Mi 5s Plus palsu biasanya tidak adanya fitur NFC, versi Bluetooth yang lebih rendah, dan biasanya memakai USB v2 bukan tipe-C.

9. Kelengkapan Sensor
Xiaomi Mi 5s Plus di support dengan sensor yang cukup lengkap yakni Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer. Sensor yang terbaru yaitu sensor Fingerprint, dimana anda bisa mengamankan perangkat dengan sidik jari. Series Xiaomi Mi 5s Plus palsu paling hanya mendukung beberapa sensor dari banyak sensor di atas.

10. Fitur Charging
Untuk mengisi daya baterai sebesar 3800 mAh, Xiaomi Mi 5s Plus dilengkapi dengan teknologi Fast battery charging sehingga mempercepat proses pengisian daya. Selain itu fitur wireless charging juga tidak lupa disematkan pada series Mi generasi ke lima ini. Xiaomi Mi 5s Plus palsu tentu akan sangat malas untuk memperlihatkan produk mereka fitur mirip di atas.

11. Cek IMEI
Cara paling ampuh cek Xiaomi Mi 5s Plus asli yaitu dengan mengetahui IMEI.  Cara cek arahan IMEI Xiaomi Mi 5s Plus cukup dengan menekan tombol *#06# maka akan muncul arahan unik yang hanya dimiliki oleh Xiaomi Mi 5s Plus anda. Kemudian cocokkan dengan IMEI di box kardus pembelian dan cocokkan juga di website resmi Xiaomi.  Apabila arahan IMEI Xiaomi Mi 5s Plus anda tidak terdaftar disana, maka sudah pasti itu bukan barang asli.

Kesimpulan
Sebagai konsumen yang cerdas, berhati-hatilah dalam memilih smartphone untuk memenuhi kebutuhan anda. Jangan mudah tergiur dengan pelengkap “Harga Murah”. Cek terlebih dulu spesifikasi dan harga Xiaomi Mi 5s Plus terbaru secara terencana sebelum membeli.

Apabila anda memiliki bukti gambar perbedaan secara fisik antara Xiaomi Mi 5s Plus asli dan palsu mohon untuk memberitahukan penulis sehingga postingan ini bisa ditambah untuk melengkapi referensi. Jangan lupa anda beritahu juga kepada rekan-rekan bagaimana cara membedakan Xiaomi Mi 5s Plus Asli dan Palsu sehingga mereka bisa cek eksklusif keaslian Xiaomi Mi 5s Plus dan terhindar dari kasus penipuan.

0 Response to "11 Cara Membedakan Xiaomi Mi 5s Plus Asli dan Palsu"

Post a Comment