15 Cara Ampuh Menghemat Kuota Data Internet di HP Android

Baca Juga

Berbagai duduk perkara yang sering dihadapi pengguna android selain daya baterai cepat habis yakni koneksi internet yang memakan banyak data. Jika kita hanya mengeluh saja tanpa mencarai solusi bagaimana cara mengatasi hal tersebut, maka kita tidak akan bisa menghemat kuota data internet di HP android kesayangan biar tidak boros. Banyak hal yang menimbulkan kuota data internat kita cepat habis.

Salah satunya yakni menggunakan wallpaper bergerak yang sering update sendiri dan banyak aplikasi android yang berjalan dibelakang background yang kebanyakan pengguna tidak mengetahui hal ini. Jika smartphone Android kita sudah di root tentu akan sangat mudah mengatur aplikasi apa saja yang boleh berjalan sesuai cita-cita kita, tetapi bagi yang belum di root tentu akan mengalami kesulitan.

Dikarenakan internet sudah menjadi kebutuhan yang sudah tidak bisa dilepaskan oleh banyak orang dan harga paketan khususnya di Indonesia cukup mahal, berikut ini bedahp.com akan menunjukkan tips menarik yang teman bisa ikuti berikut ini.
 

#1 Atur Batas Penggunaan Data
Batas Penggunaan Data

Terkadang secara tidak sadar kita telah menggunakan koneksi data internet secara berlebih dengan tidak membatasi penggunaannya sehingga gres beli paket tiba-tiba eksklusif habis. Inilah kelebihan android membuat kita bisa mengatur penggunaan batas kuota sehingga bisa mengendalikan pemakaian.

Caranya melalui menu Pengaturan => Pilih Penggunaan Data => centang pada Data Seluler => Lalu centang juga pada Atur batas data seluler. Sekarang silahkan teman atur maksimal kuota internet yang habis dalam sehari sesuai kenginan.


#2 Matikan Auto Update Playstore
Auto Update Playstore

Biasanya aplikasi yang kita undh di Google Play Store ketika terkoneksi internet akan melaksanakan update tanpa se-izin kita. Hal ini menimbulkan pemborosan kuota paling banyak di android sebab ketika update smartphone kita akan mengundh ulang file tersebut.

Cara mengaturnya silahkan masuk ke Google Play Store => pilih Setting => Auto-update apps => lalu pilih "Do not auto-update apps". Nahh sekarang aplikasi, game, dll tidak akan bisa update lagi sehingga paket data teman akan sangat-sangat hemat.


Membuka Play Store tentu teman harus login dengan akun Gmail. Rawat akun Gmail teman dengan baik sebab bila HP di curi kita bisa melacak ponsel android yang hilang dengan aplikasi.

#3 Ubah Mode Lokasi
Mode Lokasi

Menggunakan mode lokasi tinggi selain boros daya baterai juga akan memakan banyak kuota internet kita. Untuk meminimalisir terjadinya pemborosan kita perlu menggunakan mode medium bila menggunakan fitur lokasi ini.


Game yang memakai mode lokasi yang paling popular di 2016 yaitu Pokemon Go. Jika ada cara main Pokemon Go tanpa internet tentu kita tidak perlu menggunakan fitur Lokasi ini.

Ubah mode lokasi tinggi ke medium melalui menu Pengaturan => Lokasi => Mode => pilih Hemat Daya. Sekarang HP android teman menjadi hemat baterai sekaligus data internet.


#4 Nonaktifkan Sinkronisasi
Sinkronisasi

Cara ampuh berikutnya untuk menghemat kuota internet android yaitu dengan menonaktifkan sinkronisasi dari aplikasi yang tidak perlu. Fitur sinkronisasi akan kita aktifkan bila diharapkan saja suatu waktu.

Cara menonaktifkannya melalui menu Pengaturan => pilih Akun => dan pilih akun apa yang ingin teman nonaktifkan sinkroninasinya.


#5 Mode Hemat Bandwidth
Mode Hemat Bandwidth

Browsing menggunakan aplikasi browser Google Chrome memang menunjukkan pengalaman yang sangat nyaman. Selain itu, browser ini juga menyediakan fitur hemat bandwidth bagi mereka yang memiliki kuota terbatas.

Aktifkan mode hemat bandwidth denga cara buka aplikasi Google Chrome => Setelan => Pengelolaan Bandwidh => Lalu pilih Aktifkan. Sekarang teman bisa browsing tanpa halangan lagi.


#6 Matikan Fitur Notifikasi
Fitur Notifikasi

Setiap aplikasi yang terinstal di HP android kita secara otomatis fitur notifikasi akan aktif dan bila kita ingin kuotanya tidak cepat habis, lebih baik kita nonaktifkan fitur notifikasi tersebut.

Caranya yaitu melalui menu Pengaturan => Manager Aplikasi => pilih aplikasi atau game yang ingin teman nonaktifkan => dan hilangkan centang pada tampilkan notifikasi. Tujuannya biar aplikasi tersebut tidak menampilkan notif meskipun ada update terbarunya.


#7 Aktifkan Mode Cepat
Mode Cepat

Selain menghilangkan iklan yang mengganggu ketika kita browsing, Mode Cepat pada UC Browser Mini juga membuat kuota data internet kita hemat hingga 50%.

Cara mengaktifkannya yakni buka aplikasi Uc Web Browser Mini => Pengaturan => tekan icon Mode Cepat. Sekarang teman bisa browsing tanpa takut ada iklan yang mengganggu plus hemat data juga.


#8 Aktifkan Mode Blokir Iklan
Mode Blokir Iklan

Selain Chrome dan Uc Web Browser Mini, aplikasi yang menunjukkan pengalaman hemat data sekaligus memblokir iklan yakni Opera Mini Native dengan fitur unggulan pemblokir iklan yang handal. Jika teman memakai browser ini sebaiknya teman aktifkan fitur tersebut.

Cara aktifkan fitur pemblokir iklan pada Opera Mini Native dengan membuka aplikasi Opera Mini => Pengaturan => Aktifkan Pemblokir Iklan. Dengan begitu iklan akan terblokir secara otomatis sehingga mengurangi konsumsi data internet.


#9 Kurangi Penggunaan Aplikasi Online
Penggunaan Aplikasi Online

Kalau duduk perkara daya, bagi teman yang mempunyai smartphone baterai monster meskipun ada banyak aplikasi online yang aktif tentu tidak masalah. Namun yang jadi duduk perkara yaitu kuota internet kita yang terus terkuras dengan cepat.


Tidak hanya berlaku untuk aplikasi saja, game juga masuk dalam daftar yang harus kita pertimbangkan. Jika teman sudah memiliki aplikasi Chat ibarat BBM maka saya rasa tidak perlu untuk mengundh aplikasi Chat lain ibarat Line, Wechat, dll.

Begitu juga dengan game yang sudah teman undh. Silahkan teman mainkan satu game online saja yang menurut teman paling disukai, misalnya teman main game COC. Uninstall game lain yang jarang teman mainkan.


#10 Matikan Data Seluler
Data Seluler

Ketika kita beristirahat atau tidur, ternyata smartphone android kita selalu menghabiskan kuota sekitar 20% bila masih terhubung ke koneksi internet. Apalagi smartphone dengan baterai removable biasanya memiliki kapasitas yang minim.


Sebaiknya, bila teman sedang tidak menggunakan smartphone lebih baik paket data di nonaktifkan saja untuk sementara waktu melalui  menu Pengaturan => pilih Penggunaan Data => hilangkan centang pada Data Seluler.

#11 Pantau Aplikasi Berjalan
Aplikasi Berjalan

Ada beberapa aplikasi atau game yang terinstall tanpa kita sadari lalu berjalan dibelakang background dan memakan paket data internet kita secara terus menerus. Oleh sebab itu kita harus memantau aplikasi apa saja yang sedang berjalan dibelakang background.

Salah satu cara membuat android tidak lemot yakni menghentikan aplikasi  tidak penting yang berjalan di belakang background melalui menu Pengaturan => Manager Aplikasi => Berjalan.


#12 Hapus Apps Banyak Makan Data
Apps Banyak Makan Data

Semenjak hadirnya OS berbasis Linux ini banyak aplikasi sekarang yang menggunakan sistem online sehingga dibuat khusus sedemikian rupa untuk tetap terhubung dengan koneksi internet. Hal ini tentu memakan kuota yang tidak sedikit, beberapa aplikasi bahkan banyak memakan data internet kita.

Cara melihatnya yaitu melalui menu Pengaturan => Penggunaan Data => Scrol ke bawah dan lihat aplikasi apa saja yang terlalu banyak memakan kuota data internet sobat. Silahkan hapus/ uninstall saja bila aplikasi itu tidak terlalu penting.


#13 Kontrol Sendiri Aktifitas Data
Aktifitas Data

Ada salah satu aplikasi yang bisa mengontrol data internet kita sesuai cita-cita kita. Dengan aplikasi Droidwall ini kita bisa mengatur sendiri aplikasi apa saja yang boleh menggunakan data atau Wifi ponsel kita.

Cara menggunakan aplikasi ini sudah pernah saya bahas sebelumnya di aplikasi menghemat kuota internet android, silahkan teman undh aplikasinya disana. Sobat bisa menunjukan keampuhan aplikasi tersebut, saya sendiri hingga sekarang masih setia menggunakannya.

Aplikasi Droidwall ini punya kelebihan yaitu ketika di close aplikasi ini tidak berjalan dibelakang background sehingga tidak memakan daya baterai. Cara mengoperasikan pun sangat mudah ibarat pada gambar di atas.


#14 Freeze Aplikasi Tidak Terpakai
Freeze Aplikasi Tidak Terpakai

Kita bisa membekukan beberapa aplikasi yang tidak kita gunakan biar tidak memakan RAM, daya baterai dan kuota internet. Aplikasi ini tentu tidak absurd lagi yakni Link2SD, dimana selain bisa memindahkan aplikasi dan game ke memori eksternal aplikasi ini juga memiliki fitur Freeze.

Cara menggunakannya silahkan buka aplikasi Link2SD => pilih salah satu aplikasi yang ingin teman bekukan => klik pengaturan yang berada di pojok kanan atas => pilih Bekukan. Aplikasi yang telah kita bekukan tidak akan terhapus, hanya ditidurkan untuk sementara waktu dan bisa dikembalikan bila diinginkan.

Link2SD merupakan salah satu daftar aplikasi android penting yang harus teman miliki sebab memiliki kelebihan yaitu ketika di close aplikasi ini tidak berjalan dibelakang background sehingga tidak memakan daya baterai. Cara mengoperasikan pun sangat mudah ibarat pada gambar di atas.


#15 Gunakan Aplikasi Kompresi Data
Aplikasi Kompresi Data

Tips ampuh untuk bisa menghemat kuota internet salah satunya yaitu melaksanakan kompresi data guna sehingga memperkecil pemborosan kuota internet. Aplikasi kompresi data yang terkenal ketika ini yaitu Opera Max.

Opera Max juga telah dibenamkan dibeberapa perangkat smartphone Samsung ibarat pada Galaxy J5 terbaru 2016. Aplikasi ini bekerja dengan cara menganalisa semua aplikasi yang ada pada perangkat Android kita lalu melaksanakan kompresi foto, video, dll ketika kita terhubung ke internet.

Menggunakan aplikasi kompresi terbaik dari Opera ini membuat teman bisa hemat kuota hingga 50% namun, sebab aplikasi ini berjalan dibelakang background maka daya baterai teman juga akan cepat terkuras. Silahkan teman pilih, mau hemat kuota atau hemat baterai?

Demikianlah 15 Cara Ampuh Menghemat Kuota Data Internet di HP Android biar tidak boros semoga postingan di atas bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa ya.. teman selalu kunjungi blog sebab saya akan terus update seputar tips terbaru yang pastinya teman suka.

0 Response to "15 Cara Ampuh Menghemat Kuota Data Internet di HP Android"

Post a Comment