12 Perbedaan Xiaomi Redmi 4 VS Redmi Note 4

Baca Juga

Xiaomi Redmi Note 4 dan Redmi 4 merupakan smartphone generasi series “REDMI dan NOTE” yang diperuntukkan untuk menyasar kalangan menengah ke atas atau bisa dibilang di bawahnya Xiaomi Mi. Smartphone besutan perusahaan Tirai Bambu ini diklaim memiliki cukup banyak penggemar alasannya menunjukkan spesifikasi gahar namun dengan harga yang terjangkau. Kesuksesan Redmi sebelumnya membuat Xiaomi merilis generasi penerusnya. Kelebihan HP Redmi Note 4 dan Redmi 4 dibuat sedemikian rupa biar bisa menarik perhatian konsumen.

Perbedaan Xiaomi Redmi 4 VS Redmi Note 4

Namun, ada banyak juga yang mengatakan bahwa perbandingan Xiaomi Redmi Note 4 dan Redmi 4 tidak berbeda jauh. Beberapa orang bahkan mengklaim hanya ukuran layar saja yang membedakan kedua smartphone tersebut sehingga mengakibatkan harga kedua perangkat itu juga berbeda. Adanya aneka macam pendapat memicu kemunculan pro dan kontra tersebutlah yang membuat penasaran banyak orang khususnya konsumen penggemar setia Xiaomi yang ingin mengetahui rincian terperinci mengenai perbedaan dari kedua smartphone tersebut.

Sebagai konsumen yang cerdas, kita harus mengetahui terperinci perbedaan Xiaomi Redmi Note 4 dan Xiaomi Redmi 4 sehingga tidak salah beli yang mengakibatkan kita menyesal nantinya. Lalu bagaimanakah cara membedakan Xiaomi Redmi Note 4 dan Redmi 4? Silahkan simak di bawah ini untuk mempermudah anda menentukan pilihan di antara kedua smartphone tersebut.


1. Ukuran Layar
Meskipun kedua smartphone ini memiliki desain yang sama-sama menyerupai iPhone, namun memiliki ukuran layar yang berbeda. Xiaomi Redmi 4 berlayar 5.0 inchi, sementara Redmi Note 4 berlayar 5.5 inchi.

2. Resolusi Layar
Xiaomi Redmi Note 4 memiliki resolusi 1080 x 1920 pixels ( ,401 ppi pixel density). Sedangkan Xiaomi Redmi 4 menggunakan resolusi yang lebih rendah yakni 720 x 1280 pixels ( ,296 ppi pixel density). Artinya, ketajaman layar pada Redmi Note 4 lebih baik daripada Redmi Note 4.

3. Kamera Utama
Perbedaan antara Xiaomi Redmi Note 4 VS Xiaomi Redmi 4 dapat dilihat dari kualitas kamera utama. Jika Xiaomi Redmi Note 4 memiliki kamera pada bab belakang berlensa 13 mega pixel dengan kemampuan f/2.0, phase detection, autofocus, dual-LED (dual tone) flash, dan ditambah dengan fitur Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR serta bisa merekam video sampai 1080p@30fps serta 720@120fps.

Sementara Xiaomi Redmi 4 juga memiliki kamera belakang berlensa 13 mega pixel dengan kemampuan f/2.2, phase detection autofocus, LED flash dan ditambah dengan fitur Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, panorama. Bedanya, kemampuan merekam video Redmi 4 hanya 1080p@30fps saja dan bukaan lensa kamera belakang Redmi 4 lebih besar yakni
f/2.2.

4. Kamera Depan
Untuk menyasar pengguna selfie Xiaomi Redmi Note 4 dibenamkan dengan kamera berlensa 5 mega pixel ditambah dengan perlindungan f/2.0, dan kemampuan merekam sampai 1080p@30fps, sehingga cukup nyaman digunakan ketika selfie.

Xiaomi Redmi 4 juga dibenamkan dengan kamera berlensa 5 mega pixel dengan dukungan  dan kemampuan merekam yang sama. Bedanya,
bukaan lensa kamera depan Redmi 4 lebih besar yakni f/2.2.

5. Kapasitas RAM
Hal lain yang dapat dijadikan perbandingan Xiaomi Redmi Note 4 dan Redmi 4 yakni melalui kapasitas RAM. Xiaomi Redmi Note 4 memakai dua versi RAM yakni 2 dan 3 GB. Sementara Xiaomi Redmi 4 memakai satu versi RAM 3 GB. Apabila smartphone Xiaomi Redmi Note 4 dan Redmi 4 yang anda miliki kapasitas RAM-nya tidak demikian maka anda patut curiga. Biasanya kalau produk-produk palsu selalu menggunakan RAM yang kecil yakni 512 MB dan yang paling tinggi biasanya 1 GB saja.

6. Memori Internal
Xiaomi Redmi Note 4 VS Redmi 4 berikutnya dapat dilihat juga melalui kapasitas memori internalnya. Xiaomi Redmi Note 4 memakai dua versi internal yakni 16 dan 64 GB dan Redmi 4 hanya memakai satu versi internal yakni 16 GB.

7. Versi OS Android
Xiaomi Redmi Note 4 memakai Android v6.0 (Marshmallow) dan Redmi 4 menggunakan Android v6.0.1 (Marshmallow). Hanya beda satu angka dibelakngnya yang menerangkan bahwa Redmi 4 mengalami update terbaru.

8. Hardware
Fungsi Chipset yakni untuk mengatur kecepatan pedoman data, dan fungsi CPU untuk mengatur kecepatan pemprosesan data, sedangkan GPU berfungsi sebagai menjalankan grafis & aplikasi berat lainnya. Perbedaan Xiaomi Redmi Note 4 dan Redmi 4 dapat dilihat juga dari hardware berikut ini.

Xiaomi Redmi Note 4:
  • Chipset Mediatek MT6797 Helio X20
  • CPU Dexa Core 2.1 GHz
  • GPU Mali-T880 MP4

Xiaomi Redmi 4:
  • Chipset: Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430
  • CPU: Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53
  • GPU: Adreno 505

Artinya hardware milik Xiaomi Redmi Note 4 lebih unggul ketimbang milik Redmi 4. Hal ini di anggap wajar mengingat smartphone terbaru Redmi Note 4 ini yakni generasi lebih tinggi.

9. Konektivitas
Untuk melaksanakan transfer file dengan cepat, Xiaomi Redmi 4 menggunakan koneksi Bluetooth versi 4.1 didukung A2DP. Sedangkan Xiaomi Redmi Note 4 memakai Bluetooth versi 4.2 dengan perlindungan A2DP dan LE. Artinya, Xiaomi Redmi Note 4 mengalami peningkatan sehingga lebih baik dalam hal transfer file via bluetooth.

10. Kapasitas Baterai
Xiaomi Redmi Note 4 yang menggunakan layar 5.5 inchi dibenamkan baterai berdaya Li-Po 4100 mAh yang tidak bisa dilepas dan sudah support fast charging.

Sementara Xiaomi Redmi 4 yang memakai layar yang lebih kecil yakni 5.0 inchi yang memiliki baterai tidak bisa dilepas dan sudah support fast charging mengusung daya baterai Li-Ion 4100 mAh. Artinya, kalau anda ingin smartphone yang hemat baterai Xiaomi Redmi 4 pilihannya.

11. Berat Smartphone
Xiaomi Redmi 4 memiliki berat sekitar 156 gram saja. Sedangkan Xiaomi Redmi Note 4 yang menggunakan layar lebih besar memiliki berat 175 gram. Hal ini patut buat anda pertimbangkan.

12. Pilihan Warna
Xiaomi Redmi 4 memiliki tiga pilihan warna casing menyerupai Gold, Dark Gray, Silver. Sedangkan Xiaomi Redmi Note 4 memiliki pilihan warna menyerupai Silver, Gray, dan Gold. Silahkan pilih warna kesukaan anda.

Kesimpulan
Berdasarkan data-data di atas, pemenangnya terperinci bersifat subjektif alasannya setiap orang melihat dari segi yang berbeda tergantung kebutuhan.

Apabila anda memiliki bukti gambar perbandingan secara fisik antara Xiaomi Redmi 4 dan Redmi Note 4 mohon untuk memberitahukan penulis sehingga bisa diposting dikemudian hari. Oh iya, Sumber artikel di atas di ambil dari website terpercaya khusus membahas handphone dan website ini sudah berskala internasional. Sehingga mengenai keakuratan data spesifikasi Xiaomi Redmi 4 dan Redmi Note 4 di atas dapat dipertanggungjawabkan.

Setelah anda mengetahui Perbedaan Xiaomi Redmi 4 VS Redmi Note 4 di atas sekarang anda pasti sudah bisa menentukan pilihan yang mana yang sesuai dengan kebutuhan harian anda sehingga tidak menyesal ketika sudah membeli. Anda juga bisa share ke teman-teman anda biar mereka juga mengetahui perbandingan HP Xiaomi Redmi 4 dan Redmi Note 4 dengan baik.

0 Response to "12 Perbedaan Xiaomi Redmi 4 VS Redmi Note 4"

Post a Comment