10 Cara Cek HP Oppo Asli dan Palsu

Baca Juga

Semakin majunya perkembangan suatu teknologi komunikasi terbaru khususnya dibidang smartphone membuat kita semua harus mengetahui cara cek HP Oppo asli dan palsu. Mengapa? Karena belakangan ini, beberapa orang selalu tergiur melaksanakan urusan ekonomi yang merugikan orang lain dengan membuat aneka macam produk tiruan demi memperoleh keuntungan yang berlipat ganda. Seperti Oppo A37, Oppo A59, Oppo R9 Plus, Oppo F1 Plus, Oppo A53, Oppo A33, Oppo Neo 7, Oppo R7s, Oppo R7 Lite, Oppo R5s, Oppo Mirror 5s, Oppo Mirror 5, Oppo Joy 3, Oppo R7 Plus, Oppo Neo 5 2015, Oppo Neo 5s, Oppo Mirror 3, Oppo Joy Plus, Oppo Find 5 Mini, Oppo Yoyo, Oppo N3, Oppo N1 Mini, dan device Oppo lainnya.

Oppo F1

Sebagai konsumen, memang kita hendaknya harus jeli Apabila tidak ingin dirugikan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. Dengan mengetahui cara cek keaslian Oppo semoga terhindar dari penipuan merupakan langkah awal semoga anda tidak menyesal dikala membeli smartphone besutan Oppo.

Sebelumnya penulis memang belum pernah membahas perihal smartphone besutan OPPO. Postingan ini merupakan perdana bagi membahas perihal cara cek keaslian hp Oppo asli.


1. Spesifikasi Perangkat
Cara cek HP Oppo asli yang pertama ialah jangan malas untuk membaca spesifikasi sebelum anda menetapkan pilihan. Bacalah secara rinci spesifikasi dari smartphone Oppo yang akan anda beli, ibarat spesifikasi jaringan. Apabila Oppo asli memiliki jaringan 4G namun dikala anda membelinya hanya memiliki jaringan 3G saja, anda patut curiga alasannya ialah spesifikasi produknya tidak sesuai sudah pasti itu palsu.

Selain jaringan, spesifikasi prosesor yang digunakan juga harus dijadikan acuan. Kapasitas RAM dan ROM juga patut dijadikan penilain. Biasanya Apabila produk Oppo asli membawa RAM 2 GB, produk Oppo palsu menggunakan RAM 1 GB bahkan ada yang menggunakan 512 MB saja. Mengapa? Karena dengan mengurangi kapasitas RAM mereka bisa menjual produk lebih murah sehingga lebih banyak mendapatkan keuntungan.

Tidak hanya itu saja, kwalitas kamera utama dan kamera depan juga harus diperhatikan beserta fitur-fitur yang didukungnya. Biasanya kamera pada Oppo palsu lebih buram alasannya ialah ada beberapa nosie yang tampak.

Berat smartphone Oppo, materi layar yang digunakan, eksistensi Wi-Fi dan hotspot, Bluetooth hingga dengan baterainya juga harus diperhatikan dengan baik apakah barang tersebut sesuai dengan daftar spesifikasi yang anda baca atau tidak. 


2. Kejernihan Layar
Kerapatan pixel pada layar menentukan ketajaman atau kejernihan layar suatu smartphone. Biasanya produk Oppo palsu memiliki kerapatan pixel yang rendah sehingga layar terlihat buram dikala melihat foto atau memutar video.

Apabila anda pengguna Oppo, berhati-hatilah kalau memilih smartphone untuk memenuhi kebutuhan anda. Karena Apabila kwalitas layarnya tidak layak anda pasti akan menyesal alasannya ialah gambar yang anda ambil akan selalu tampak buram dan tidak jernih pada smartphone Oppo anda.

3. Performa Device
Cara cek Oppo asli dan palsu berikutnya yakni dengan mencoba sendiri performa perangkat. Apabila anda membandingkan produk ori Oppo dengan produk replika, maka hasil final akan memperlihatkan bahwa perangkat original-lah yang akan keluar sebagai pemenang.

Alasannya ialah alasannya ialah pada umumnya terusan dan pengoperasian perangkat Oppo palsu lebih lambat serta membutuhkan sedikit kesabaran bagi anda. Bagaimana tidak, pengurangan kapasitas RAM yang terdapat di dalam Oppo supercopy terlalu kecil. Hal ini dilakukan tentu untuk memangkas harga jual produk semoga lebih murah.

Apabila Oppo asli menggunakan RAM 2 GB, biasanya Oppo tiruan menggunakan RAM biasanya 512 MB atau paling banter 1 GB saja. Sehingga dikala anda menggunakannya untuk multi-tasking menjadi lebih lambat ketimbang aslinya.


4. Fitur NFC
Keberadaan NFC juga patut dijadikan cara cek Oppo asli atau palsu. Apabila smartphone Oppo yang akan anda beli memiliki spesifikasi berupa NFC, dikala anda melepaskan baterai dari perangkat, maka akan terlihat baris NFC connector-nya berupa ibarat jalur timah kuning.

Ciri Oppo palsu, NFC Connector ini akan terlihat lebih jelas. Mengapa? Karena untuk memperlihatkan kepada pengguna bahwa ada fitur NFC didalamnya (yang bersama-sama ialah hiasan belaka). Ciri Oppo asli NFC akan terlihat sedikit saja dan lebih terkesan terlindung.


5. Desain dan Warna
Cara cek produk Oppo asli dan palsu selanjutnya ialah melalui bentuk desain serta warna. Pada umumnya, setiap vendor Oppo selalu memiliki ciri khas akan produk yang di produksinya. Meskipun produk Oppo supercopy terlihat sama, namun bentuk, desain dan warna perangkat original dan palsu pasti berbeda.

Apalagi berat perangkat sudah pasti kebanyakan tidak sama kalau ditimbang. Jika berat smartphone Oppo anda 133 gram, bisa jadi berat Oppo palsu mencapai 140 gram. Menyamakan berat suatu smartphone tentu membutuhkan ketelitian yang tinggi sehingga mengeluarkan biaya yang lebih banyak. Pelaku pembuat smartphone Oppo palsu tidak akan mau menghabiskan banyak dana hanya untuk menyamakan berat perangkat saja.

Selain berat, ukuran layar serta detail warna dari perangkat juga dapat dijadikan pola untuk mengetahui apakah smartphone Oppo tersebut replika atau ori. Ciri smartphone Oppo asli memiliki layar dengan materi yang berkwalitas tentunya alasannya ialah perangkat besutan Oppo di pasarkan secara Internasional.


6. Aplikasi Benchmark
Aplikasi Antutu Benchmark juga patut dijadikan sebagai cara cek Oppo asli atau palsu. Fungsi aplikasi ini ialah untuk mengetahui lebih detail mengenai software dan hardware yang digunakan perangkat akan lebih sanggup mendapatkan amanah informasi perihal perangkat Oppo yang ingin diketahui statusnya tersebut. Melalui aplikasi uji coba Benchmark ini maka anda dapat mengetahui performa hingga kecepatan dari smartphone Oppo yang anda gunakan.

7. Data Exif Foto
Cara cek keaslian Oppo melalui data exif foto yang diambil menggunakan kamera di perangkat Oppo anda sendiri, maka dapat diketahui secara terang keaslian dari smartphone Oppo anda. Bagaimana cara menggunakan exif foto Oppo?

Saat anda memotret suatu obyek menggunakan kamera di perangkat Oppo anda, lalu mengecek alhasil di Galeri atau juga dikala dipindahkan ke PC, pada properties akan terlihat data exif lengkapnya. Disana rincian lengkap mengenai ulasan gambar akan terlihat terang mengenai hasil tangkapan Oppo tersebut.


8. Harga Handphone
Adapun tips lain untuk cara cek keaslian Oppo ialah dengan melihat dari segi kualitas dan harganya. Perbandingan Spesifikasi dan Harga Oppo terbaru yang ingin Anda beli harusnya bisa sesuai. Apabila disandingkan dengan produk original, maka spesifikasi dan kualitas dari barang palsu tidak dapat melampauinya. Selain itu, produk mahal tentu saja memiliki kualitas yang baik. Begitu pula produk Oppo asli yang rata-rata dipasarkan dengan harga yang mahal. Ingat kata pepatah “harga menentukan kualitas”.

9. Cek Garansi Oppo
Cara cek produk Oppo asli dan palsu berikutnya ialah dengan mengecek garansi. Dizaman yang serba canggih ini, banyak sekali oknum yang membuat kartu garansi palsu. Namun, tidak semua pembuat perangkat Oppo palsu bisa untuk membuat kartu garansi ibarat aslinya. Oleh alasannya ialah itu, cara identifikasi produk Oppo asli atau palsu melalui kartu garansi juga cukup efektif.

10. Gunakan IMEI
Salah satu ID unik yang dimiliki setiap smartphone disebut dengan IMEI. Cara cek Oppo asli dan palsu bisa dengan mengetahui IMEI android Oppo yang anda miliki. Cara cek Kode IMEI Oppo sangat mudah yaitu dengan menekan *#06# maka akan muncul isyarat unik yang hanya dimiliki oleh smartphone anda saja.

Ketika isyarat IMEI sudah muncul pada layar, silahkan anda coba cocokkan dengan IMEI di box kardus pembelian. Selain itu, anda juga bisa pergi ke website Oppo untuk melaksanakan pengecekan IMEI. Apabila smartphone Oppo anda memang benar-benar asli maka disana akan muncul pemberitahuan yang mengatakan bahwa IMEI smartphone anda cocok dan produk yang anda miliki original.


Kesimpulan
Cara cek keaslian Oppo di atas sangat ampuh digunakan untuk menghindari kasus penipuan smartphone. Penulis merekomendasikan anda menerapkan cara di atas sebelum membeli handphone Oppo kesayangan anda.

Demikianlah 10 Cara Cek Oppo Asli dan Palsu yang bisa anda jadikan sebagai referensi. Bagikan keteman atau kerabat terdekat anda semoga mereka juga tidak terkena tipu oleh produk abal-abal Oppo. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi kita semua dan membuat kita lebih bijak serta berhati-hati dalam memilih smartphone untuk memenuhi kebutuhan harian. Cara di atas bisa digunakan pada semua produk Oppo seperti; Oppo A37, Oppo A59, Oppo R9 Plus, Oppo F1 Plus, Oppo A53, Oppo A33, Oppo Neo 7, Oppo R7s, Oppo R7 Lite, Oppo R5s, Oppo Mirror 5s, Oppo Mirror 5, Oppo Joy 3, Oppo R7 Plus, Oppo Neo 5 2015, Oppo Neo 5s, Oppo Mirror 3, Oppo Joy Plus, Oppo Find 5 Mini, Oppo Yoyo, Oppo N3, Oppo N1 Mini, dan device Oppo lainnya. Terimakasih telah berkunjung….

0 Response to "10 Cara Cek HP Oppo Asli dan Palsu"

Post a Comment