Apakah Aplikasi Penghemat Baterai Android benar Berfungsi ?

Baca Juga

Bagi Pemilik HP tentu ingin baterai yang hemat daya dan tidak lekas habis dikala digunakan. Banyak developer aplikasi yang memperlihatkan aplikasi penghemat baterai dengan aneka macam fungsi dan kelebihan yang mereka promosikan ke pengguna android. Tentu sebagai pengguna android siapa sih yang tidak ingin ponselnya hemat daya baterai ?, samin juga demikian..hehe. Pertanyaannya,apakah benar App penghemat baterai sungguh terbukti fungsinya ?, simak ulasan Gadget di bawah ini yuk.

aplikasi penghemat baterai

Seperti halnya perangkat elektronik lainnya, Seluruh komponen yang berkaitan dengan kelistrikan memerlukan arus listrik untuk kinerjanya. Tanpa arus listrik maka dipastikan tidak adanya keterkaitan antara satu komponen ponsel dengan komponen lainnya di dalam satu rangkaian. Oleh alasannya ialah itu tegangan dan arus dari baterai sangat vital fungsinya untuk kelangsungan 'hidup' sistem dikala sedang digunakan.

Komponen ponsel yang memiliki andil besar dalam menyedot daya baterai ialah pada bab Chipset atau CPU. Dimana processor dan chipset menentukan kinerja keseluruhan komponen pendukungnya menyerupai kamera, GPU, Audio, Bluetooth, WiFi dan lain sebagainya. Semakin mengagumkan konstruksi dan manufacturing chipset maka semakin hemat pula daya yang digunakan. Oleh alasannya ialah itu mengapa ponsel jaman dulu banyak yang boros baterai daripada ponsel sekarang yang sudah canggih dari sisi hardware CPU-nya.

Kembali ke topik diatas, apakah benar ada aplikasi yang mampu menghemat beterai ponsel di android ?, Jawabannya ialah memang benar ada dan mampu digunakan. Namun dengan catatan bahwa aplikasi tersebut memang dibuat oleh developer yang sudah berpengalaman dan mengetahui secara detail ihwal kinerja hardware dan sistem operasi yang mereka tangani.




Perlu diketahui, di banyak aplikasi penghemat baterai sebagian besar ada fitur yang mampu 'menidurkan' jalannya aplikasi yang biasa disebut dengan proses Hibernate. Dimana dengan adanya proses tersebut maka dikala aplikasi yang berjalan di balik layar dalam kondisi Idle atau tidak digunakan maka seketika itu pula proses hibernate dilakukan dan aplikasi tersebut berhenti untuk sementara berkatifitas.

Dengan menonaktifkan jalannya aplikasi yang tidak terpakai namun mampu dijalankan dengan cepat dikala pengguna membukanya maka efeknya baterai akan mampu dihemat sekian persen. mampu dibayangkan jika anda mempunyai setumpuk aplikasi yang berjalan dan tidak ditutup secara tepat maka asupan daya beterai akan secara berkelanjutan dipakai untuk menjalankan app tersebut.

Di sisi lain versi android terbaru menyerupai marshmallow juga punya aplikasi bawaan yang berjulukan Doze, Dimana fungsi Doze juga sama dengan Hibernate dan lebih kompleks. Pembaca mampu melihat banyak ponsel bersisten android yang memakai versi terbaru menyerupai marshmallow, Lollipop maupun nougat walau mempunyai kapasitas baterai kecil namun mampu kekal dalam hal asupan daya.

Makara bagi pengguna ponsel android tidak usah resah apakah benar ada aplikasi yang mampu menghemat asupan baterai, tentu ada dan mampu digunakan. Namun anda juga harus selektif memilih aplikasi yang benar-benar mampu menghemat baterai. Baca dan perhatikan dengan seksama beberapa review aplikasi yang ingin anda download apakah mempunyai respon nyata bagi penggunannya atau malah sebaliknya.

Sumber http://www.detikinfo.com

0 Response to "Apakah Aplikasi Penghemat Baterai Android benar Berfungsi ?"

Post a Comment