Fakta, Charge Baterai Laptop ketika Digunakan Lebih Awet

Baca Juga

Fakta Charge Baterai Laptop ketika Digunakan Lebih Awet. Banyak asumsi sekarang ini yang menyatakan jika melaksanakan Ces (charge) pada baterai laptop ketika digunakan akan mengakibatkan Umur baterai pendek dan cepat rusak. Apakah hal tersebut benar ataukah hanya asumsi belaka ?, untuk menjawab fakta atau mitos perihal melaksanakan charge ketika laptop diguakan aktifitas, silahkan simak ulasan di bawah ini.

Baterai di dalam sebuah perangkat PC jinjing (laptop) memang harus dibuat seoptimal mungkin dengan life-time yang panjang pula. Namun banyak diantara pengguna Laptop yang belum tahu seluk beluk dan cara merawat baterai laptop kesayangannya dimana yang ada di asumsi kebanyakan pengguna bahwa laptop ketika digunakan tidak perlu dilakukan charge alias menunggu hingga indikator baterai hampir habis dan dilakukan pengisian daya.

tips harge laptop biar awet

Asumsi dan perilaku tersebut benar adanya namun dalam kriteria dan kondisi perangkat tertentu. Mengapa demikian ?, Saat ini sudah umum di pasaran perangkat Komputer jinjing yang sudah mengadopsi tipe baterai yang mampu memutus arus secara otomatis walau kondisi konektor charge masih tertancap di Laptop. Bahkan menurut pengalaman admin dan banyak pengguna Laptop bahwa menggunakan Notebook dalam keadaan di-charge malah bikin baka baterai.

Kinerja baterai Laptop juga ditentukan dari sering tidaknya melaksanakan pengisian daya, dimana ada istilah life-cycle yang mana ada hitungan khusus di setiap anda melaksanakan charge. Semakin sering melaksanakan charge ketika baterai hampir habis maka semakin memperpendek sisa umur penyimpan daya tersebut.

Kaprikornus jangan ragu untuk melaksanakan charge pada laptop ketika sedang anda gunakan, karena di dalam rangkaian hardware baterai dan motherboard ada perangkat khusus yang mampu memutus arus secara otomatis ketika daya sudah full 100 persen dan baterai tidak akan terbebani karena arus diambil pribadi dari alat pengisi daya bukan dari baterai.

Intinya asumsi yang beredar perihal tidak bolehnya melalakukan pengisian daya sambil menggunakan laptop untuk beraktifitas bukanlah kebenaran yang mutlak, dimana bila anda menggunakan laptop terkini dengan tipe baterai yang sudha mampu memutus arus secara otomatis maka tidak perlu khawatir akan kondisi baterai yang anda.




Cara merawat Baterai Laptop Agar awet

Di bawah ini ada beberapa tips biar baterai laptop awet dan tahan lama walau anda sudah sekian tahun memakai laptop kesayangan.

1. Jangan Biarkan Baterai Kosong

Jangan sering membiarkan baterai laptop anda kosong untuk menunggu melaksanakan charge karena setiap and amelakukan charge ketika baterai kondisi minim daya akan memperberat kinerja sel baterai ketika dilakukan pengisian daya. Begitu juga masa cycle life baterai menjadi semakin berkurang.

2. Lepaskan charge ketika tidak digunakan

maksudnya disini jangan lupa melepas charge ketika anda meninggalkan laptop dalam waktu lama, walau ketika ini banyak fitur auto cut off alias memutus arus otomatis belum tentu baterai anda kondisinya menyerupai gres beli, dalam artian setiap komponen tentunya ada kerusakan dalam masa pakai yang telah sekian lama sehingga proses putus arus otomatis mampu tidak berfungsi maksimal yang berakibat baterai menjadi terbebani.

ada tips mudah untuk memastikan baterai anda masih berfungsi normal di fitur pemutus arusnya yaitu coba pegang perangkat charge anda ketika baterai sudah penuh, jika alat pengisi daya hambar berati memang masih berfungsi normal dimana tidak ada arus yang membebani baterai lagi.

3. Atur pencahayaan layar

untuk lebih menghemat pemakaian daya baterai laptop maka atur kontras atau cahaya di layar seminimal mungkin sesuai kenyamanan mata anda.




4. Gunakan charger yang original

jangan mencoba menggunakan alat pengisi daya laptop dengan yang tidak dispesifikasikan peruntukannya, karena anda belum tahu berapa arus dan tegangan output dari charger yang bukan peruntukannya kecuali anda yakin dan sudah mampu mengukur arus / tegangan dari alat multimeter

5. Stop kontak dulu gres charge

maksudnya disini yakni jangan membiasakan mencolokkan charger ke laptop dahulu sebelum anda mencolokkan pengisi daya ke sumber arus (PLN). Mengapa ? karena setiap arus rumahan tidak akan sama satu daerah dengan lainnya, siapa tahu terjadi lonjakan tegangan yang tidak mampu ditolerir oleh alat charger anda dan berimbas pada baterai serta komponen terkait didalam laptop.

Nah, dari ulasan diatas tentunya para pembacalah yang mampu memperlakukan laptop biar baterainya tetap baka dan tahan lama, kebanyakan kerusakan baterai sebelum masanya disebabkan perilaku pengguna laptop yang tidak semestinya.

Sumber http://www.detikinfo.com

0 Response to "Fakta, Charge Baterai Laptop ketika Digunakan Lebih Awet"

Post a Comment