Mengatasi Suara Meletup di Knalpot Matic dan Manual

Baca Juga

Mengatasi bunyi meletup di knalpot motor matic dan manual. - Perawatan secara terpola Sepeda motor ialah suatu keharusan bagi yang ingin mesin kendaraannya abadi dan tahan lama. Kali ini SiOto akan mengulas wacana solusi menghindari knalpot motor meletup atau meledak-ledak dikala mesin menyala. Apa alasannya ialah dan bagaimana cara mengatasi knalpot meletup pada motor matik maupun manual ?

Knalpot Motor Meletup di motor matic dan manual

Meletup atau terddengarnya bunyi meledak-ledak di bunyi mesin kendaraan bermotor biasa disebuat sebagai Detonasi. Dimana ada beberapa faktor yang dapat mengakibatkan detonasi, Bisa dari sisi mesin maupun dari materi bakar.

Adapun penyebab dan solusi detonasi (ledakan) di knalpot sebagai berikut :

1. Busi expired




Busi merupakan komponen penting dalam proses pengapian, yang mana percikan api yang sudah tidak optimal akan mengakibatkan keterlambatan proses dan timing pembakaran sehingga terjadi letupan tanda materi bakar telat dibakar di ruang mesin.

Cobalah untuk memperhatikan masa pakai Busi di kendaraan, cek percikan api apakah masih optimal atau sudah 'loyo'.

Bersihkan kepala pengapian busi untuk memastikan proses pembakaran dari percikan api yang dihasilkan sempurna.

2. Spul, CDI, Coil

Tidak hanya busi yang harus diperhatikan, Bila Busi sudah yakin mengagumkan kondisinya, cek komponen pendukungnya menyerupai CDI, Spull dan coil apakah masih baiklah atau tidak.

3. Bahan Bakar.

Kualitaas materi bakar yang tidak sesuai kriteria juga mampu menjadi penyebab terjadinya Detonasi atau bunyi ledakan di knalpot Motor.

Begitu pula Bahan Bakar yang tercampur dengan senyawa lan menyerupai terkontaminasi Air mampu mengakibatkan letupan di ruang pembakaran.

4. Filter udara

Pencampuran komposisi udara dan materi bakar haruslah sesuai dengan standar yang diberikan oleh pabrikan Motor, sehingga apabila Filter udara tersumbat tentunya akan mengakibatkan minimnya campuran udara dengan rasio yang tidak seimbang.

Banyaknya materi bakar daripada udara sesuai dengan yang distandarkan ruang pembakaran akan mengakibatkan 'banjir' di ruang pembakaran dan mampu mengakibatkan detonasi.

5. Cek karburator atau Injeksi

Untuk motor manual yang rata-rata menggunakan karburator sebagai proses pengkabutan materi bakar mampu melaksanakan pengecekan apakah setelan angin dan materi bakar sudah pas atau belum.

Bagi yang menggunakan motor jenis injeksi maka mampu dilakukan kalibrasi Injeksi di Dealer service resmi yang mempunyai alat khusus injeksi.

Semoga tips wacana solusi mengatasi knalpot meletup (Detonasi) diatas bermanfaat untuk teman SiOto semua.

Sumber http://www.detikinfo.com

0 Response to "Mengatasi Suara Meletup di Knalpot Matic dan Manual"

Post a Comment