16 Perbedaan Samsung Note 7 dan Galaxy A7

Baca Juga

Samsung Galaxy Note 7 dan Samsung Galaxy A7 merupakan smartphone generasi series NOTE dan A yang diperuntukkan untuk menyasar kalangan hight-end, hal itu terbukti dengan disematkannnya aneka macam fitur unggulan di dalam kedua device tersebut. Kedua perangkat ini memang memiliki desain yang berbeda. A7 memang sama ibarat desain Samsung pada umumnya. Sementara Note 7 lebih ibarat Samsung Galaxy S7 yang memakai layar lengkung. Kedua smartphone ini memang sama-sama menyandang nama 7 (tujuh) dibelakangnya yang patut untuk dipertimbangkan sebelum anda membeli.

Perbedaan Samsung Note 7 dan Samsung A7

Berepata pendapat menyebutkan bahwa perbedaan antara Samsung Note Galaxy 7 dan Samsung Galaxy A7 tidak berbeda jauh. Bahkan mengklaim hanya desain, layar, sedikit spesifikasi saja yang berbeda. Pendapat tersebut memicu pro maupun kontra mengenai Samsung Note 7 dan Samsung A7 sehingga membuat penasaran para konsumen, khusunya penggemar setia Samsung yang ingin mengetahui lebih rinci mengenai perbedaan dari kedua ponsel cerdas ini.

Lalu ibarat apakah perbandingan antara Samsung Galaxy Note 7 dan Samsung Galaxy A7? Berikut ini Penulis mengulas perbedaan kedua device tersebut sehingga mempermudah anda untuk menentukan pilihan.


1. Penggunaan Layar
Samsung Galaxy Note 7 menggunakan layar lengkung yang sama ibarat digunakan pada Samsung Galaxy S7. Sementara Samsung Galaxy A7 memakai layar datar sama ibarat series-series Samsung sebelumnya. Kedua perangkat ini sama-sama menggunakan layar Super AMOLED capacitive touchscreen dan 16M colors.


2. Resolusi Layar
Samsung Galaxy Note 7 memakai layar 5.7 inchi serta menggunakan resolusi tinggi yakni 1440 x 2560 pixels ( ,518 ppi pixel density). Sementara Samsung Galaxy A7 memakai layar 5.5 inchi dan menggunakan resolusi lebih rendah yakni 1080 x 1920 pixels ( ,401 ppi pixel density). Artinya, ketajaman layar pada Samsung Note 7 lebih baik daripada A7.

3. Kamera Utama
Perbedaan antara Samsung Galaxy A7 VS Samsung Galaxy Note 7 dapat dilihat dari kualitas kamera utama. Jika Samsung Galaxy A7 memiliki kamera belakang berlensa 13 mega pixel dengan kemampuan f/2.0, 28mm, autofocus, LED flash, dan ditambah dengan fitur Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR serta bisa merekam video sampai 1080p@30fps.

Sementara Samsung Galaxy Note 7 memiliki kamera belakang berlensa 12 mega pixel dengan kemampuan f/1.7, 26mm, phase detection autofocus, OIS, LED flash, dan ditambah dengan fitur yang sangat melimpah ibarat 1/2.6" sensor size, 1.4 µm pixel size, geo-tagging, simultaneous 4K video and 9MP image recording, touch focus, face/smile detection, Auto HDR, panorama serta kemampuan merekam video yang beragam meliputi 2160p@30fps, 1080p@60fps, 720p@240fps, HDR, dual-video rec. Ketika digunakan untuk melaksanakan foto akhirnya sangat rupawan dengan pencahayaan yang natural.

Jadi, meskipun Samsung Galaxy Note 7 memiliki lensa lebih kecil daripada A7 kwalitas kamera pada Note 7 lebih unggul ketimbang A7. Anda bisa bandingkan review kamera keduanya di youtube.


4. Kamera Depan
Untuk menyasar pengguna selfie, Samsung Galaxy A7 dibenamkan dengan kamera berlensa 5 mega pixel ditambah dengan pinjaman f/2.2, 23mm, dan kemampuan merekam sampai 1080p@30fps, sehingga cukup nyaman digunakan dikala selfie.

Sementara Samsung Galaxy Note 7 dibenamkan dengan kamera berlensa 5 mega pixel ditambah dengan pinjaman f/1.7, 22mm, dual video call, Auto HDR, dan kemampuan merekam sampai 1080p@30fps. Hal ini membuat pengguna selfie cukup terhibur.


5. Kapasitas RAM
Samsung Galaxy A7 dibekali dengan RAM sebesar 2 GB. Sementara Samsung Galaxy Note 7 membawa RAM lebih besar yakni 4 GB.

6. Memori Internal
Samsung Galaxy Note 7 menggunakan memori internal 64 GB. Sementara Samsung Galaxy A7 mengusung memori internal lebih kecil lagi yakni 16 GB.

7. Memori Eksternal
Samsung Galaxy Note 7 bisa support memori eksternal sampai 256 GB dan Samsung Galaxy A7 hanya bisa mendukung sampai 64 GB saja. Jika anda termasuk orang yang suka menyimpan banyak file, maka Note 7 menjadi solusi terbaik.

8. Kualitas Hardware
Fungsi Chipset yaitu untuk mengatur kecepatan fatwa data, dan fungsi CPU untuk mengatur kecepatan pemprosesan data, sedangkan GPU berfungsi sebagai menjalankan grafis & aplikasi berat lainnya. Perbedaan Samsung A7 dan Samsung Note 7 dapat dilihat juga dari hardware berikut ini:

Samsung Galaxy A7
  • Chipset: Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615
  • CPU: Quad-core 1.8 Cortex-A15 GHz
  • GPU: Adreno 405

Samsung Galaxy Note 7
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 820
  • CPU: Quad-core 2.3 GHz
  • GPU: Adreno 530

Berdasarkan perbandingan hardware di atas, hardware milik Samsung Galaxy Note 7 lebih unggul ketimbang Samsung Galaxy A7. Apabila anda ingin smartphone yang ngebut, maka Note 7 menjadi pilihan anda.

9. Kecepatan Jaringan
Meskipun Samsung Galaxy A7 dan Note 7 support aneka macam jaringan dari 2G sampai 4G LTE serta mendukung Wifi yang bisa digunakan sebagai Hotspot, namun kecepatan jaringan pada kedua perangkat ini berbeda.

Kecepatan LTE pada Samsung A7 hanya Cat4 yakni 150/50 Mbps. Sementara kecepatan LTE pada Samsung Note 7 sudah Cat6 yakni 600/150 Mbps. Jika anda ingin smartphone yang memiliki jaringan yang digunakan untuk unduh dan unduh super ngebut, maka Samsung Note 7 pilihan anda.


10. Kelengkapan Sensor
Samsung Galaxy A7 hanya memiliki sensor Accelerometer, proximity, dan compass. Sementara Samsung Galaxy Note 7 terdapat beragam sensor meliputi Iris scanner, fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, heart rate, dan SpO2. Saat ini, sensor Iris scanner pada Note 7 sedang naik daun sebab merupakan teknologi password dengan sensor mata yang masih jarang digunakan pada perangkat lain.

11. Kecepatan Transfer File
Samsung Galaxy A7 memakai Bluetooth v4.0 didukung A2DP, EDR, dan LE. Sementara Samsung Galaxy Note 7 memakai Bluetooth versi 4.2 juga didukung A2DP dan LE. Selain itu, USB pada Samsung Galaxy A7 memakai microUSB v2.0. Dan USB pada Samsung Galaxy Note 7 memakai v3.1, Type-C 1.0 reversible connector. Artinya Samsung Note 7 mengalami peningkatan sehingga lebih baik dalam hal transfer file.

12. Kapasitas Baterai
Samsung Galaxy A7 yang memiliki layar 5.5 inchi dibenamkan baterai berdaya Li-Ion 2600 mAh yang tidak bisa dilepas. Sementara Samsung Galaxy Note 7 yang berlayar 5.7 inchi membawa kapasitas baterai Li-Po 3500 mAh.

13. Bobot Perangkat
Kapasitas baterai yang diusungnya sudah berbeda, hal ini tentu menghipnotis berat dari kedua smartphone ini. Samsung Galaxy A7 memiliki berat hanya 141 gram. Sedangkan Samsung Galaxy Note 7 beratnya 169 gram. Jika anda menginginkan smartphone yang ringan, Samsung A7 menjadi pilihan terbaik.

14. Wireless Charging
Samsung Galaxy Note 7 support dengan teknologi charging tanpa mencolokkan kabel yang disebut dengan Wireless Charging. Sementara Samsung Galaxy A7 tidak mendukung fitur charging ibarat itu.

15. Fast Charging
Samsung Galaxy Note 7 juga didukung dengan teknologi Fast Charging sehingga dalam hal pengisian baterai menjadi lebih cepat ketimbang Samsung A7 yang tidak mendukung Fast Charging.

16. Pilihan Warna
Samsung Galaxy A7 memiliki pilihan warna casing terdiri dari Pearl White, Midnight Black, dan Champagne Gold. Sementara Samsung Galaxy Note 7 terdiri dari warna Blue Coral, Gold Platinum, Silver Titanium, dan Black Onyx. Anda bisa memilih warna kesukaan sendiri.

Kesimpulan
Berdasarkan beberapa perbandingan software dan hardware yang didukungnya, Samsung Galaxy Note 7 lebih unggul ketimbang Samsung Galaxy A7. Namun, dilema pilihan tetap bersifat subyektif sebab kedua smartphone di atas memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda.

Setelah anda mengetahui perbedaan antara Samsung Galaxy Note 7 dan Samsung Galaxy A7 di atas, sekarang anda pasti sudah bisa menentukan pilihan yang mana yang sesuai dengan kebutuhan anda sehingga tidak menyesal ketika anda sudah membeli smartphone tersebut. Anda juga bisa share ke teman-teman terdekat semoga mereka juga mengetahui perbandingan antara Samsung Note 7 dan Samsung A7 di atas.

0 Response to "16 Perbedaan Samsung Note 7 dan Galaxy A7"

Post a Comment