Solusi Cara Atasi Game Pokemon Go Sering Lemot

Baca Juga

Seperti yang kita ketahui, main game Pokemon Go di RAM 1 GB saja masih sering lemot (macet atau lambat), apalagi bila kita main di kapasitas RAM kecil yang hanya 512 MB hal ini tentu menjadi kendala yang paling delematis bagi pencinta game petualangan ini alasannya tidak mampu memainkannya dengan lancar.

Untuk dapat memainkan game Pokemon Go ini dengan lancar tanpa macet atau lemot, menyerupai biasa saya masih menggunakan Samsung Galaxy V Dual SIM yang menggunakan RAM hanya 512 MB dengan OS Android v4.4.4 (KitKat). Tips berikut ini juga mampu menjadi solusi bagi anda yang sedang mencari cara main game Pokemon Go di Android Jelly Bean atau Android v4.0 Ice Cream Sandwich.

Game Pokemon Go memang memiliki ukuran file yang cukup besar yaitu di atas 50 MB, jadi sebelum melaksanakan instalasi sebaiknya anda meletakkan file APK Pokemon Go di memori eksternal. Karena ketika kita menginstall game ini, semua filenya akan tersimpan di memori internal. Makara pastikan memori internal anda free 200 MB ke atas biar game ini mampu berjalan dengan lancar. Jika memori internal berisi banyak file menyerupai gambar, video, music, dll. Sebaiknya anda pindahkan dulu ke memori eksternal supaya aman.

Jika semua file anda sudah dipindahkan ke memori eksternal, silahkan ikuti step by step berikut ini yang sudah saya buktikan sendiri di Samsung Galaxy V dual SIM sehingga mampu bermain Pokemon Go tanpa lemot.

Langkah 1: Persiapan
  • Install Pokemon Go menyerupai memasang aplikasi pada umumnya, bila belum punya silahkan download di Google Play Store. Jika game Pokemon Go sudah terpasang di HP anda, silahkan lewati saja step ini.
  • Berikutnya, anda harus memiliki akun “Gmail” atau akun “Pokemon Trainer Club” untuk mampu memainkan game ini. Jika sudah punya silahkan lewati step ini. Namun bila anda belum punya, silahkan daftar Gmail disini www.gmail.com atau ingin memakai akun Pokemon Trainer, silahkan daftar disini, ikuti instruksinya hingga selesai.
  • Jangan pribadi buka game Pokemon Go anda, ikuti langkah 2 di bawah ini.

Langkah 2: Perbesar RAM
Untuk dapat lancar memainkan game Pokemon Go, kita membutuhkan kapasitas RAM yang cukup. Nah… untuk menambahkan RAM kita harus menghentikan aplikasi yang berjalan di belakang background secara sementara waktu. Dan mampu dikembalikan kesedia kala bila kita menginginkannya. Silahkan ikuti langkahnya di bawah ini.
  • Pastikan game Pokemon Go benar-benar sudah terhenti, silahkan anda buka menu "Pengaturan => App atau Manager Aplikasi => pilih Pokemon Go => Kemudian klik Force close atau paksa berhenti game Pokemon Go"
  • Jika sudah, selanjutnya Install aplikasi Link2SD. Kemudian buka aplikasinya maka tampilan awal akan menyerupai gambar di bawah ini. 

Tampilan awal Link2SD

Untuk memperbesar kapasitas RAM, kita harus menghentikan beberapa aplikasi secara sementara biar mampu memainkan game Pokemon Go dengan lancar. Buka salah satu aplikasi yang untuk sementara kita bekukan dulu. Contohnya aplikasi BBM, klik ikon aplikasi BBM tersebut maka akan muncul menyerupai gambar di bawah ini.

BBM di Link2SD

Selanjutnya, klik pilihan yang berada di paling pojok kanan atas untuk membekukan aplikasi BBM secara sementara, lalu pilih “Bekukan”. Lihat teladan gambar di bawah ini.

Bekukan BBM di Link2SD

Tunggu proses pembekuannya sejenak. Jika sudah berhasil dibekukan maka akan tampil menyerupai gambar di bawah ini. Artinya, anda sudah berhasil membekukan aplikasi BBM untuk sementara saja.


Aplikasi BBM berhasil dibekukan pada Link2SD

Jika anda ingin mengembalikannya ke semula, silahkan klik pilihan yang berada di paling pojok kanan atas, lalu pilih “Tidak Bekukan” maka aplikasi BBM kan kembali kesemula lagi. Lihat gambar di bawah ini.


Tidak bekukan BBM di Link2SD

Lakukan juga pada aplikasi lain yang berjalan dibelakang background yang menguras RAM. Hati-hati dalam membekukan aplikasi, jangan hingga anda membekukan system utama, alasannya mampu berakibat fatal. Untuk mencegah hal itu, beberapa aplikasi pabrikan yang saya rekomendasikan untuk dibekukan dan sudah pernah saya coba sendiri, silahkan lihat gambar di bawah ini.


Daftar aplikasi pabrikan dibekukan di Link2SD 2 

Daftar aplikasi pabrikan dibekukan di Link2SD 1

Selain aplikasi pabrikan di atas, saran saya jangan mencoba membekukan aplikasi pabrikan lainnya bila tidak ingin HP anda error. Aplikasi pihak ketiga yang anda install juga mampu anda bekukan menyerupai aplikasi BBM, WhatsApps, Line, Facebook, Instagram, Twitter, COC, dan aplikasi lainnya yang masih memakan RAM.

PENTING!!! Jangan bekukan aplikasi Link2SD. Jika anda bekukan, bagaimana anda mampu mengembalikan aplikasi lain yang telah anda bekukan sementara tools nya sudah tidak ada.

Untuk menunjukan bahwa kapasitas RAM anda sudah bertambah, silahkan pergi ke menu Pengaturan => Apps atau Manajer Aplikasi => Berjalan. Jreng… kapasitas RAM anda kini semakin longgar dan siap bermain game Pokemon Go. Sekarang ikuti langkah 3 di bawah ini.


Langkah 3: Buka Pokemon Go
  • Buka game Pokemon Go, lalu tunggu beberapa ketika hingga masuk halaman awal Pokemon Go muncul.
  • Biasanya, pertama kali membuka diminta untuk memasukkan umur. Silahkan anda masukkan umur anda, bila umur anda di bawah 18 tahun maka akan tidak mampu memainkan game Pokemon Go. Jika sudah klik Submit atau Enter.
  • Selanjutnya muncul dua pilihan login. Silahkan anda pilih, mau login menggunakan akun “Google” atau “Pokemon Trainer Club”. Masukkan User name dan Password sesuai dengan akun yang sudah dibuat.
  • FINISH, anda sudah mampu bermain Pokemon Go dengan lancar tanpa kendala macet atau lemot.

Langkah 4: Atasi Signal GPS
Masalah yang paling sering dihadapi ketika pertama kali kita membuka game Pokemon Go yaitu “GPS Signal Not Found”. Maksud dari peringatan tersebut kita diminta untuk mengaktifkan fitur GPS dari menu Lokasi. Berikut ini cara untuk mengatasi GPS Signal Not Found di Pokemon Go:
  • Buka menu "Pengaturan => App => pilih Pokemon Go => Kemudian klik Force close atau paksa berhenti game Pokemon Go"
  • Setelah Pokemon Go sudah di force close, sekarang buka "Pengaturan => Location/Lokasi => Klik Mode => Kemudian pilih High accuracy/Akurasi Tinggi"
  • Jika sudah, buka kembali "Pengaturan => About Phone/Tentang Ponsel => klik build number/nomor bentukan secara trus menerus hingga fitur developer aktif.
  • Kemudian buka kembali "Pengaturan => developer/mode pengembang => nonaktifkan allow mock locations.
  • FINISH, kini anda mampu bermain Pokemon Go tanpa hambatan lagi.

Kesimpulan
Solusi cara mengatasi game Pokemon Go yang sering lemot ketika main di ram kecil di atas sudah terbukti berhasil di Samsung Galaxy V Dual SIM yang memiliki RAM hanya 512 MB. Jika anda mengikuti dengan benar langkah di atas pasti mampu bermain dengan lancar tanpa macet.

0 Response to "Solusi Cara Atasi Game Pokemon Go Sering Lemot"

Post a Comment