13 Cara Membedakan Samsung Note 7 Asli dan Palsu

Baca Juga

Samsung Galaxy Note 7 merupakan smartphone generasi series ”NOTE” yang ketiga diproduksi untuk menyasar kalangan menengah ke atas dengan desain premium layaknya Samsung series S7. Generasi 2015 dari smartphone ini memang sukses menyasar konsumen di Indonesia. Kesuksesan ponsel cerdik ini ditakutkan akan memicu kemunculan smartphone palsu yang ibarat HP Samsung Galaxy Note 7.

Samsung Note 7 Asli dan Palsu

Kehadiran produk Samsung Galaxy Note 7 palsu sangat memungkinkan di Indonesia mengingat pelaku kejahatan membuat produk replika berdasarkan popularitas suatu device. Sebagai konsumen yang cerdas kita perlu mengetahui perbedaan antara Samsung Galaxy Note 7 asli atau palsu demi keamanan sebelum membeli.

Berikut ini penulis akan bagikan cara cek Samsung Galaxy Note 7 asli atau palsu sehingga anda terhindar dari kasus penipuan:


1. Resolusi Layar
Samsung Galaxy Note 7 yang memiliki layar 5.7 inchi menggunakan resolusi 1440 x 2560 pixels ( ,518 ppi pixel density) yang membuat kecerahan dan kerapatan pixel pada layar yang sangat bagus. Pada smartphone Note 7 palsu tingkat kecerahan berkurang sehingga kualitas layar tentu akan lebih buram.

2. Kamera Primer
Ciri Samsung Galaxy Note 7 asli membawa kamera belakang berlensa 12 mega pixel dengan sumbangan f/1.7, 26mm, phase detection autofocus, OIS, LED flash, dan ditambah fitur yang melimpah mirip 1/2.5" sensor size, 1.4 µm pixel size, geo-tagging, simultaneous 4K video and 9MP image recording, touch focus, face/smile detection, Auto HDR, panorama serta kemampuan merekam video HD yang juga beragam yakni 2160p@30fps, 1080p@60fps, 720p@240fps, HDR, dual-video rec. Saat digunakan untuk melaksanakan foto dan merekam video, kesudahannya mengagumkan dengan pencahayaan yang natural.

: 5 Cara Root Samsung Note 7 Tanpa PC

Sementara ciri Samsung Galaxy Note 7 palsu akan menunjukkan hasil tangkapan kamera yang kurang terperinci ketika digunakan melaksanakan capture maupun merekam video. Untuk lebih meyakinkan, silahkan anda lihat hasil tangkapan kamera pada Samsung Galaxy Note 7 ori di Youtube.


3. Kamera Sekunder
Untuk aktifitas selfie, Samsung Galaxy Note 7 original dibenamkan kamera berlensa 5 mega pixel dengan sumbangan f/1.7, 22mm, dual video call, Auto HDR dan kemampuan merekam video HD 1080p@30fps, sehingga sangat nyaman digunakan untuk selfie.

Perbedaan pada Samsung Galaxy Note 7 palsu ialah tidak memiliki fitur selengkap kamera Note 7 asli. Tujuan pelaku melaksanakan hal itu ialah untuk mengurangi biaya produksi, sehingga produk tiruan yang mereka buat bisa bersaing dengan produk asli dari segi harga.


4. Kapasitas RAM
Perbandingan antara Samsung Galaxy Note 7 asli dan palsu berikutnya dapat dilihat dari kapasitas RAM. Samsung Galaxy Note 7 asli menggunakan RAM sebesar 4 GB. Biasanya kalau produk-produk palsu selalu menggunakan RAM yang lebih kecil dari ukuran aslinya. Kemungkinan Samsung Galaxy Note 7 palsu memakai RAM 1 GB dan yang paling tinggi biasanya 2 GB saja. Pelaku tentu tidak mau rugi kalau hardware disamakan dengan aslinya.

5. Kapasitas Internal Memori
Mengamati kapasitas memori internal juga merupakan salah satu cara membedakan Samsung Galaxy Note 7 asli dan palsu. Ciri Samsung Galaxy Note 7 asli memakai internal berukuran 64 GB. Memori sebesar itu tentu cukup untuk menyimpan banyak sekali file favorit pengguna perangkat ini.

Agar smartphone palsu dapat jual dengan harga murah. Pelaku akan memangkas kapasitas memori internal pada Samsung Note 7 palsu miliknya. Kemungkinan smartphone tiruan Samsung Note 7 menggunakan memori internal 16 GB.


6. Versi OS Android
Samsung Galaxy Note 7 asli menggunakan Android v6.0.1 (Marshmallow) yang bisa anda update ke Android v7.0 (Nougat). Biasanya, produk Samsung Galaxy Note 7 palsu memakai versi Android yang lebih dulu meluncur mirip Lolipop atau Kitkat.

7. Kualitas Hardware
Fungsi Chipset pada Samsung Galaxy Note 7 ialah untuk mengatur kecepatan fatwa data, dan fungsi CPU untuk mengatur kecepatan pemprosesan data, sedangkan GPU pada Samsung Note 7 berfungsi untuk menjalankan grafis dan aplikasi berat lainnya. Nah… Samsung Galaxy Note 7 asli memakai hardware sbb:
  • Chipset Exynos 8890 Octa
  • CPU Octa-core (4x2.3 GHz Mongoose & 4x1.6 GHz Cortex-A53)
  • GPU Mali-T880 MP12
Apabila hardware di atas tidak sama dengan Samsung Galaxy Note 7 yang ditawarkan pada anda, sebaiknya anda pertimbangkan terlebih dulu sebelum membeli.

8. Fitur Jaringan
Samsung Galaxy Note 7 asli support banyak sekali jaringan dari 2G, EDGE, 3G, HSDPA dan 4G LTE dengan kecepatan Cat12 600/150 Mbps. Smartphone ini juga didukung GPS dan WIFI yang bisa digunakan sebagai Hotspot. Biasanya, Samsung Galaxy Note 7 KW paling banter hanya memakai jaringan 3G saja dan memangkas beberapa eksistensi fitur lain.

9. Keberadaan Radio
Samsung Galaxy Note 7 asli memiliki pemutar radio khas bawaan Samsung yang membedakan dengan pemutar radio pada vendor lainnya. Pada Samsung Galaxy Note 7 kloning akan sangat malas untuk menyematkan fitur pemutar radio yang jarang digunakan pada zaman dikala ini.

10. Konektivitas
Untuk melaksanakan transfer file dengan cepat, Samsung Galaxy Note 7 asli menggunakan koneksi Bluetooth v4.2 didukung A2DP, EDR, LE. Sedangkan untuk mentransfer foto dengan cepat perangkat ini dibekali NFC. Fitur gres USB v3.1, Type-C 1.0 reversible connector juga disematkan pada Samsung Note original. Nah… ciri Samsung Galaxy Note 7 palsu biasanya tidak adanya fitur NFC, versi Bluetooth yang lebih rendah, dan biasanya memakai USB v2 bukan tipe-C.

11. Kelengkapan Sensor
Samsung Galaxy Note 7 di support dengan sensor yang sangat lengkap yakni Iris scanner, fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, heart rate, SpO2. Sensor yang terbaru ialah sensor iris scanner, dimana anda bisa mengamankan perangkan dengan bola mata anda sendiri. Series Samsung Galaxy Note 7 palsu paling hanya mendukung beberapa sensor dari banyak sensor di atas.

12. Fitur Charging
Untuk mengisi daya baterai sebesar Li-Po 3500 mAh, Samsung Note 7 dilengkapi dengan teknologi Fast battery charging sehingga mempercepat proses pengisian daya. Selain itu fitur wireless charging juga tidak lupa disematkan pada series NOTE generasi ke tujuh ini. Samsung Note 7 tentu akan sangat malas untuk memperlihatkan produk palsu mereka fitur mirip di atas.

13. Cek IMEI
Cara paling ampuh cek Samsung Galaxy Note 7 asli ialah dengan mengetahui IMEI.  Cara cek aba-aba IMEI Samsung Galaxy Note 7 cukup dengan menekan tombol *#06# maka akan muncul aba-aba unik yang hanya dimiliki oleh Samsung Galaxy Note 7 anda. Kemudian cocokkan dengan IMEI di box kardus pembelian dan cocokkan juga di website resmi Samsung.  Apabila aba-aba IMEI Samsung Galaxy Note 7 anda tidak terdaftar disana, maka sudah pasti itu bukan barang asli.

Kesimpulan
Sebagai konsumen yang cerdas, berhati-hatilah dalam memilih smartphone untuk memenuhi kebutuhan anda. Jangan mudah tergiur dengan pemanis “Harga Murah”. Cek terlebih dulu spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Note 7 terbaru secara bersiklus sebelum membeli.

Apabila anda memiliki bukti gambar perbedaan secara fisik antara Samsung Galaxy Note 7 asli dan palsu mohon untuk memberitahukan penulis sehingga postingan ini bisa ditambah untuk melengkapi referensi. Jangan lupa anda beritahu juga kepada rekan-rekan bagaimana cara membedakan Samsung Note 7 Asli dan Palsu sehingga mereka bisa cek pribadi keaslian Samsung Galaxy Note 7 dan terhindar dari kasus penipuan.

0 Response to "13 Cara Membedakan Samsung Note 7 Asli dan Palsu"

Post a Comment