Cara Main Pokemon Go di Samsung Galaxy J1

Baca Juga

Siapa yang tidak ingin mencoba game Pokemon Go yang popular ini. Bagi mereka yang memiliki smartphone android dengan RAM di atas 1 GB hal ini tentu tidak jadi masalah, tetapi bagaimana dengan RAM hanya 512 MB menyerupai Samsung Galaxy J1? Pastinya kekecewa sebab tidak mampu memainkan game ini dengan mulus. Saya sendiri sudah pernah memasang game ini di Samsung Galaxy J1 SM-J100F, ketika install sih sukses-sukses aja namun ketika dibuka game Pokemon Go eksklusif keluar sendiri/force close.

Cara Main Pokemon Go di Samsung Galaxy J1

Berbagai cara saya lakukan biar smartphone Samsung Galaxy J1 SM-J100F mampu bermain game petualangan ini. Pada ketika itu saya berpikir untuk menghapus semua aplikasi yang ada di Samsung Galaxy J1 saya, tujuannya hanya satu yakni supaya saya mampu memainkan game Pokemon Go ini. Namun setelah banyak aplikasi yang sudah saya uninstall demi game ini, ternayata setelah dibuka game Pokemon Go masih tetap force close. Astaga…. hfyuuhh…

Penyesalan tentu ada sebab saya telah menghapus banyak aplikasi favorit yang ada di HP Samsung J1 SM-J100F saya. Setelah saya selidiki, ternyata penyebab force close yaitu sebab spesifikasi hardware (CPU, GPU, dan Chipset) belum support sepenuhnya dan RAM Samsung Galaxy J1 SM-J100F yang kecil yakni hanya 512 MB saja. Kemudian saya mencari solusi dengan Googling di Google dengan kata kunci “cara bermain pokemon Go di RAM kecil 512 MB”. Serta berharap ada yang membuat postingan yang menjawab permasalahan yang saya ini.

Googling saya membuahkan hasil, saya menemukan blog yang membuat artikel wacana pengalamannya menggunakan Samsung Galaxy V G313HZ (Dual Sim) untuk bermain Pokemon Go. Belum mencoba saya sudah merasa senang sekali, dan saya dengan teliti mengikuti tahap demi tahap yang ada dalam postingan tersebut. Awalnya saya terkejut sebab ukuran game Pokemon Go besar banget yakni di atas 50 MB. Akhirnya saya memindahkan semua file yang ada di memori telepon ke memori eksternal biar cukup untuk download file besar Pokemon Go tersebut.

Setelah selesai download saya lalu pasang menyerupai biasa dan memang membutuhkan waktu yang lama untuk selesai memasangnya sebab ukuran game Pokemon Go yang memang jumbo. Selesai memasang, saya eksklusif tidak tabah dengan membuka game Pokemon Go, namun ternyata force close juga. Lalu saya baca lagi petunjuk cara memainkan game Pokemon Go di RAM kecil. Dan ternyata, saya belum install aplikasi berjulukan GLTools hehehe, sempat panik sih maklum udah download file gede yang menghabiskan banyak kuota.

Setelah semua tutorial saya ikuti dengan benar. Akhirnya saya mampu main Pokemon Go dengan jaya hehehe, senangnya hati ini. Terimakasih banyak dech buat mas BD yang udah posting tipsnya. Buat teman-teman yang juga memakai Samsung Galaxy J1 model apa saja (J100F, J100FN, J100H, J100M, J100MU) cara ini efektif sebab semua model Samsung J1 menggunakan Android v4.4.4 (Kitkat). Silahkan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:


Step 1: Persiapan Awal
  • Samsung Galaxy J1 anda harus sudah di Root, jikalau belum di Root silahkan anda ikuti Cara root android tanpa PC
  • Unduh game Pokemon Go terbaru di Google Play Store.
  • Unduh aplikasi GLTools pro full version. Sebenarnya anda mampu download di Google Play Store namun disana berbayar.
  • Harus memiliki akun “Google” atau akun “Pokemon Trainer Club” silahkan pilih salah satunya. Jika anda belum punya akun “Google” silahkan daftar di www.gmail.com atau ingin memakai akun “Pokemon Trainer Club” daftar di club.pokemon.com. Ikuti petunjuk pendaftaran hingga selesai.

Step 2: Tahap Instalasi dan Setting
  • Install game Pokemon Go di Samsung Galaxy J1 menyerupai memasang game pada umumnya. Karena ukuran game yang jumbo, harap bersabar dan tunggu hingga instalasi selesai.
  • Install aplikasi GLTools di Samsung Galaxy J1 menyerupai memasang aplikasi pada umumnya. Selanjutnya Samsung Galaxy J1 anda akan restart sendiri, apabila tidak silahkan anda restart manual.
  • Setelah selesai restart, matikan semua koneksi data internet di HP Samsung Galaxy J1 anda.
  • Buka GLTools kemudian cari "Pokemon Go", setelah ketemu lalu klik. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar di bawah.

Cara Main Pokemon Go di Samsung Galaxy J1

  • Setelah anda klik icon Pokemon Go, maka akan muncul menyerupai gambar di bawah ini.

Cara Main Pokemon Go di Samsung Galaxy J1

  • Silahkan anda Centang pada “Enable custom setting”, centang juga pada “Optimized GLSL Shader” dan pada “Downscale textures” pilih 0,25x.
  • Selesai, kemudian back/keluar dari aplikasi GLTools. Anda tidak perlu merestart HP. Silahkan ikuti step 3 berikut di bawah ini “Buka Pokemon Go”.

Step 3: Buka Pokemon Go
  • Buka game Pokemon Go di Samsung Galaxy J1 anda, lalu tunggu beberapa ketika hingga masuk halaman awal Pokemon Go muncul menyerupai gambar di bawah ini. Silahkan masukkan tanggal lahir anda. Lalu klik "Submit".

Cara Main Pokemon Go di Samsung Galaxy J1

  • Maka akan muncul dua pilihan login, silahkan pilih login menggunakan akun “Google” atau “Pokemon Trainer Club”. Lihat gambar di bawah ini.

Cara Main Pokemon Go di Samsung Galaxy J1

  • Apabila ketika anda login menggunakan akun Google, namun Pokemon Go mengalami force close. Silahkan anda buka lagi Pokemon Go lalu login menggunakan akun “Pokemon Trainer Club”.
  • Silahkan anda masukkan User name dan Password sesuai dengan akun yang sudah dibuat tadi. Jika berhasil maka akan muncul menyerupai gambar di bawah ini.

Cara Main Pokemon Go di Samsung Galaxy J1

  • SUKSES, anda sudah mampu bermain Pokemon Go di Samsung Galaxy J1 yang memiliki RAM kecil 512 MB. MANTAPS….

Step 4: Atasi Masalah Pokemon Go
Cara atasi signal not found Pokemon Go di Samsung Galaxy J1

Ketika pertama kali kita membuka game Pokemon Go, kendala yang sering muncul di Samsung Galaxy J1 yaitu “GPS Signal Not Found”. Artinya, pengaturan GPS pada HP android anda belum di aktifkan. Cara mengatasi GPS Signal Not Found di Samsung Galaxy J1 tersebut sebagai berikut:
  • Buka menu "Pengaturan => App => pilih Pokemon Go => Kemudian klik Force close atau paksa berhenti game Pokemon Go"
  • Setelah Pokemon Go sudah di force close, sekarang buka "Pengaturan => Location/Lokasi => Klik Mode => Kemudian pilih High accuracy/Akurasi Tinggi"
  • Jika sudah, buka kembali "Pengaturan => About Phone/Tentang Ponsel => klik build number/nomor bentukan secara trus menerus hingga fitur Developer Aktif.
  • Kemudian buka kembali "Pengaturan => Developer/mode pengembang => nonaktifkan allow mock locations.
  • FINISH, kini anda mampu bermain Pokemon Go di Samsung Galaxy J1 tanpa dilema lagi.

Kesimpulan
Cara di atas sudah berhasil dicoba pada Samsung Galaxy J1 SM-J001F dengan OS Android v4.4.4 (KitKat) dan RAM kecil 512 MB. Hal yang paling penting yaitu perangkat anda harus sudah di root terlebih dulu.

Semoga pengalaman saya wacana Cara Main Pokemon Go di Samsung Galaxy J1 SM-J001F di atas mampu membantu rekan-rekan yang ingin mencoba game petualangan ini. Jangan lupa di share juga ke teman-teman kita yang juga memakai HP Samsung J1 dan smartphone android lainnya yang memakai RAM kecil 512 MB biar tidak putus asa.

0 Response to "Cara Main Pokemon Go di Samsung Galaxy J1"

Post a Comment