15 Perbedaan Xiaomi Redmi Note 4 VS Redmi Note 3

Baca Juga

Xiaomi Redmi Note 4 dan Redmi Note 3 merupakan smartphone generasi series Note yang diperuntukkan untuk menyasar kalangan menengah ke atas atau bisa dibilang di bawahnya Xiaomi Mi. Smartphone besutan perusahaan Tirai Bambu ini diklaim memiliki cukup banyak penggemar alasannya yakni menyampaikan spesifikasi gahar namun dengan harga yang terjangkau. Kesuksesan Redmi Note 3 membuat Xiaomi merilis generasi penerusnya. Kelebihan Xiaomi Redmi Note 4 dibuat sedemikian rupa biar bisa menarik perhatian konsumen.


Namun, ada banyak juga yang mengatakan bahwa perbandingan Xiaomi Redmi Note 4 dan Redmi Note 3 tidak berbeda jauh. Beberapa orang bahkan mengklaim hanya ketebalan saja yang membedakan kedua smartphone tersebut sehingga menimbulkan harga kedua perangkat itu juga berbeda. Adanya aneka macam pendapat memicu kemunculan pro dan kontra tersebutlah yang membuat penasaran banyak orang khususnya konsumen penggemar setia Xiaomi yang ingin mengetahui rincian terang mengenai perbedaan dari kedua smartphone tersebut.

Sebagai konsumen yang cerdas, kita harus mengetahui terang perbedaan Xiaomi Redmi Note 4 dan Xiaomi Redmi Note 3 sehingga tidak salah beli yang menimbulkan kita menyesal nantinya. Lalu bagaimanakah cara membedakan Xiaomi Redmi Note 4 dan Redmi Note 3? Berikut ini Bedakan Smartphone mengulas "15 Perbedaan Xiaomi Redmi Note 4 VS Redmi Note3" sehingga mempermudah sobat untuk menentukan pilihan di antara kedua smartphone tersebut.


1. Desain Smartphone
Sama menyerupai halnya Xiaomi Redmi Note 3, Redmi Note 4 juga didesain dengan bodi terbuat dari materi metal yang menyampaikan kesan elegan. Bahan tersebut sangat nyaman di genggaman pengguna sehingga kesan premium pun tampak nyata. Bedanya, desain bentuk antara Note 3 dan Note 4.

2. Resolusi Layar
Xiaomi Redmi Note 4 memiliki resolusi 1080 x 1920 pixels ( ,401 ppi pixel density). Sedangkan Xiaomi Redmi Note 3 menggunakan resolusi yang sama namun kerapatan pixel sedikit lebih tinggi yakni 1080 x 1920 pixels ( ,403 ppi pixel density). Artinya, ketajaman layar pada Redmi Note 3 lebih baik daripada 4, padahal generasi penerus!.

3. Kamera Utama
Perbedaan antara Xiaomi Redmi Note 4 VS Xiaomi Redmi Note 3 dapat dilihat dari kualitas kamera utama. Jika Xiaomi Redmi Note 3 memiliki kamera pada bab belakang berlensa 13 mega pixel dengan kemampuan f/2.0, autofocus, dual-LED flash, dan ditambah dengan fitur Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR serta bisa merekam video sampai 1080p@30fps.

Sementara Xiaomi Redmi Note 4 memiliki kamera belakang berlensa 13 mega pixel dengan kemampuan f/2.0, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash, dan ditambah dengan fitur 1.12 µm pixel size, Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, panorama serta kemampuan merekam video 1080p@30fps. Ketika digunakan untuk melaksanakan foto dan video sangat bagus.


4. Kamera Depan
Untuk menyasar pengguna selfie Xiaomi Redmi Note 3 dibenamkan dengan kamera berlensa 5 mega pixel ditambah dengan santunan f/2.0, dan kemampuan merekam sampai 1080@30fps, sehingga cukup nyaman digunakan dikala selfie.

Sedangkan pada Xiaomi Redmi Note 4 dibenamkan dengan kamera berlensa 5 mega pixel ditambah dengan santunan f/2.0, dan kemampuan merekam sampai 1080p@30fps serta perpaduan MiUi 8 yang membuat pengguna selfie senang.


5. Kapasitas RAM
Hal lain yang dapat dijadikan perbandingan Xiaomi Redmi Note 4 dan Redmi Note 3 yakni melalui kapasitas RAM. Xiaomi Redmi Note 4 memakai RAM dua versi yakni 3 dan 4 GB. Meskipun Xiaomi Redmi Note 3 juga memakai dua versi namun RAM berkapasitas 2 dan 3 GB.

Apabila smartphone Xiaomi Redmi Note 4 dan 3 yang sobat miliki kapasitas RAM-nya tidak demikian maka sobat patut curiga. Biasanya kalau produk-produk palsu selalu menggunakan RAM yang kecil yakni 512 MB dan yang paling tinggi biasanya 1 GB saja.

6. Memori Internal
Xiaomi Redmi Note 4 VS Redmi Note 3 berikutnya dapat dilihat juga melalui kapasitas memori internalnya. Xiaomi Redmi Note 4 memakai internal 32/64 GB dan Redmi Note 3 memakai internal memori 16/32 GB.

7. Versi OS Android
Xiaomi Redmi Note 4 memakai Android v6.0 (Marshmallow) dan Redmi Note 3 menggunakan Android v5.1.1 (Lollipop). Hati-hati dengan produk Xiaomi palsu, biasanya yang sering digunakan pada produk Xiaomi Redmi Note 4 dan Redmi Note 3 tiruan yakni versi Android yang sudah lama meluncur menyerupai Jelly Bean atau Honeycom.

8. Hardware
Fungsi Chipset yakni untuk mengatur kecepatan pemikiran data, dan fungsi CPU untuk mengatur kecepatan pemprosesan data, sedangkan GPU berfungsi sebagai menjalankan grafis & aplikasi berat lainnya. Perbedaan Xiaomi Redmi Note 4 dan Redmi Note 3 dapat dilihat juga dari hardware berikut ini.

Xiaomi Redmi Note 4
  • Chipset: Snapdragon 652
  • CPU: Octa-core 2.0 GHz
  • GPU: Adreno 506

Xiaomi Redmi Note 3
  • Chipset: Snapdragon 605
  • CPU: Hexa-core 1.8 GHz
  • GPU: Adreno 510

Artinya hardware milik Xiaomi Redmi Note 4 lebih unggul ketimbang milik Redmi Note 3. Namun dari segi grafis Note 3 yang lebih unggul alasannya yakni memakai Adreno 510. Hal ini di anggap wajar mengingat smartphone terbaru Redmi Note 4 ini yakni generasi penerus.

9. Fitur Jaringan
Xiaomi Redmi Note 4 dan Redmi Note 3 support aneka macam jaringan dari 2G sampai 4G dan mendukung Wifi serta bisa digunakan sebagai Hotspot. Bedanya, kecepatan jaringan 4G pada Xiaomi Redmi Note 4 lebih unggul ketimbang Redmi Note 3.

10. Fitur Sensor
Xiaomi Redmi Note 3 memiliki lima sensor yakni Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, dan compass. Sedangkan pada Xiaomi Redmi Note 4 jumlah sensor memang sama namun tingkat kepekaan sensor pada Redmi Note 4 lebih baik berkat MiUi 8.

11. Konektivitas
Untuk melaksanakan transfer file dengan cepat, Xiaomi Redmi Note 3 menggunakan koneksi Bluetooth versi 4.1 didukung A2DP dan LE. Sedangkan Xiaomi Redmi Note 4 juga memakai versi Bluetooth yang sama namun paduan dengan MiUi 8 membuatnya lebih gesit dalam hal transfer file.

12. Daya Baterai
Xiaomi Redmi Note 3 yang menggunakan layar 5.5 inchi dibenamkan baterai berdaya Li-Po 4050 mAh yang tidak bisa dilepas. Sementara Xiaomi Redmi Note 4 yang memakai layar yang sama mengusung daya baterai lebih besar Li-Po 4100 mAh. Sudah bisa menebak bukan yang mana yang lebih unggul?

13. Berat Smartphone
Xiaomi Redmi Note 3 memiliki berat hanya 164 gram saja. Sedangkan Xiaomi Redmi Note 4 yang menggunakan baterai lebih besar memiliki berat 165 gram. Beda tipis sih, tapi patut buat sobat pertimbangkan.

14. Fast Charging
Xiaomi Redmi Note 3 yang menggunakan baterai berdaya 4050 mAh sudah didukung Fast charging sehingga diperlukan waktu cepat untuk melaksanakan charging. Sedangkan Xiaomi Redmi Note 4 yang memiliki daya lebih besar 4100 mAh justru tidak disematkan fitur fast charging sehingga memperlambat proses pengisian daya baterai.

15. Pilihan Warna
Xiaomi Redmi Note 3 memiliki tiga pilihan warna casing menyerupai Silver, Gray, dan Gold. Sedangkan Xiaomi Redmi Note 4 memiliki pilihan warna perpaduan yang lebih menawan lagi yakni Gray, Gold, Black.

Kesimpulan
Semua perbedaan Xiaomi Redmi Note 4 dan Redmi Note 3 yang disebutkan di atas yakni berdasarkan pada software dan hardware. Perbedaan secara fisik belumlah di bahas mengingat penulis harus membandingkan kedua smartphone secara kasatmata dan disertai dengan bukti berupa gambar hasil pengamatan. Berdasarkan data-data di atas terang pemenangnya bersifat subjektif alasannya yakni masing-masing kedua smartphone tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda dari sudut setiap orang.

Apabila sobat memiliki bukti gambar perbandingan secara fisik antara Xiaomi Redmi Note 4 dan 3 mohon untuk memberitahukan penulis sehingga bisa diposting dikemudian hari. Oh iya, Sumber artikel di atas di ambil dari GSMArena yang merupakan website terpercaya khusus membahas handphone dan website ini sudah berskala internasional. Sehingga mengenai keakuratan data spesifikasi Xiaomi Redmi Note 4 dan Redmi Note 3 di atas dapat dipertanggungjawabkan.

Setelah sobat mengetahui 15 Perbedaan Xiaomi Redmi Note 4 VS Redmi Note 3 di atas sekarang sobat pasti sudah bisa menentukan pilihan yang mana yang sesuai dengan kebutuhan harian sobat sehingga tidak menyesal ketika sudah membeli. Sobat juga bisa share ke teman-teman sobat biar mereka juga mengetahui perbandingan Xiaomi Redmi Note 4 dan Redmi Note 3 dengan baik.

0 Response to "15 Perbedaan Xiaomi Redmi Note 4 VS Redmi Note 3"

Post a Comment